Honda gabung Toyota, Mercedes, dan lainnya demi teknologi mobil otonom

Konsorsium ini bertujuan untuk mempercepat pengembangan sistem mengemudi otomatis SAE Level 4 dan 5.

Honda gabung Toyota, Mercedes, dan lainnya demi teknologi mobil otonom Source: Pexels

Honda akhirnya memilih bergabung dengan Konsorsium Keselamatan Kendaraan Otonom (Automated Vehicle Safety Consortium/AVSC). AVSC sendiri sudah dibentuk pada April lalu yang telah mencakup SAE International, Ford, General Motors, Toyota, Uber ATG, Daimler, dan Lyft sebagai anggota.

“Honda melihat potensi besar dalam teknologi kendaraan otonom untuk sangat mengurangi cedera dan kematian bagi semua pengguna jalan. Bergabung dengan AVSC akan memungkinkan kami untuk mencapai tujuan dengan membangun pabrik keselamatan terbaik yang diterima secara luas,” kata Presiden dan Direktur Perwakilan Honda R&D Co., Ltd., Toshihiro Mibe.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mobil listrik BMW i4 bisa tempuh 100 km dengan pengisian 6 menit

Hyundai kembangkan teknologi RANC demi kabin lebih sunyi

Mobil listrik Chevrolet punya suara mesin V8


“Adopsi dan penerimaan teknologi kendaraan otonom adalah tantangan internasional. Keahlian gabungan yang dikumpulkan sebagai bagian dari AVSC mewakili jenis pemikiran kolaboratif yang diperlukan jika kita ingin mengembangkan solusi global,” kata Direktur Eksekutif AVSC, Edward Staub.

AVSC dibentuk untuk mempercepat pengembangan sistem mengemudi otomatis SAE Level 4 dan 5. Dilansir dari Digital Trends (7/11), Level 4 akan mencakup taksi otonom yang dapat beroperasi dalam kondisi terbatas, dan mungkin tanpa adanya setir. Level 5 tidak memiliki batasan, dan dapat beroperasi di semua kondisi. Level-level ini diakui oleh Departemen Transportasi dan menjadi standar global yang diadopsi oleh para pemangku kepentingan dalam teknologi kendaraan otonom.

Honda mengembangkan teknologi kendaraan otonom melalui penelitian, investasi, dan kemitraan untuk mempromosikan akses yang lebih luas ke solusi transportasi aman dan andal. Pabrikan asal Jepang ini memiliki sejarah panjang inovasi yang sukses. Pada tahun 1987, Honda adalah perusahaan otomotif pertama yang memperkenalkan sistem four-wheel steering pada model Prelude. Pada tahun 1981, mereka menjadi perusahaan mobil pertama yang menawarkan navigasi satelit di dalam mobil.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: