Hindari perang dagang, iPhone X akan diproduksi di India

Sumber yang dikutip Reuters menyebutkan, Foxconn akan merakit model iPhone paling mahal seperti jajaran iPhone X.

Hindari perang dagang, iPhone X akan diproduksi di India (Foto: Slashgear)

Apple akan mulai merakit iPhone kelas premium di India. Sebagaimana biasanya, Foxconn masih akan menjadi rekanan manufaktur yang memproduksi iPhone, termasuk di India. Menggunakan manufaktur lokal Foxconn di India, langkah ini juga sekaligus menandai pertama kalinya Foxconn memproduksi di negara tersebut.

Sumber yang dikutip Reuters menyebutkan, Foxconn akan merakit model iPhone paling mahal seperti jajaran iPhone X. Perangkat tersebut akan diproduksi di kota Sriperumbudur, yang terletak di negara bagian selatan Tamil Nadu. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Daya tahan baterai iPhone 11 Pro Max 20 persen lebih baik dari iPhone XS Max

Rincian spesifikasi dan harga iPhone 11 Series

Demi iPhone 11, Foxconn langgar aturan kerja Tiongkok


Di India, Foxconn juga telah merakit smartphone untuk Xiaomi. Perusahaan asal Taiwan itu akan menginvestasikan 25 miliar Rupee untuk memperluas pabriknya, termasuk investasi untuk merakit iPhone. Menteri Industri Tamil Nadu - M C Sampath mengatakan investasi itu bisa menciptakan 25.000 lowongan pekerjaan.

Upaya perakitan iPhone premium di India juga akan membantu Apple dan Foxconn mengurangi dampak perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China. Surat kabar setempat melaporkan Foxconn akan memproduksi berbagai model iPhone sebagai permulaan. Sayangnya juru bicara Apple menolak dimintai tanggapan terkait kabar ini. Begitu pula dengan Foxconn yang hanya mengatakan "Kami tidak mengomentari hal-hal yang berkaitan dengan pelanggan saat ini atau produk mereka."

iPhone X sendiri dirilis Apple di tahun lalu. Namun kemudian produksi iPhone X menurut analis dihentikan, usai Apple merilis tiga iPhone X generasi baru. Ketiganya meliputi iPhone XS, XS Max, dan iPhone XR yang dirilis September lalu.

Dilansir Reuters, Foxconn berpotensi merancang iPhone X versi lawas di India. Dengan begitu, Apple memiliki kemungkinan mendapat keuntungan penjualan yang lebih besar di negara dengan banyak penduduk tersebut.

Belum diketahui apakah ada perakitan iPhone yang dipindahkan dari Foxconn China dan tempat lain ke India. Tak jelas juga apakah produksi di India hanya terbatas perakitan, atau termasuk komponen produksi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: