sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
Jumat, 13 Mar 2020 10:35 WIB

Hati-hati saat membersihkan Airpods anda

Sebagai pionir TWS yang memiliki harga menengah ke atas, pengguna harus berhati-hati dalam membersihkan Apple Airpods. Jangan gunakan objek tajam dan cairan pembersih untuk membersihkan Airpods.

Hati-hati saat membersihkan Airpods anda
Source: Payette Forward

Earphone TWS merupakan perangkat yang makin populer belakangan ini. Di samping merek TWS lain, Apple Airpods merupakan pionir dari perangkat ini, yang menawarkan harga menengah ke atas. Harganya yang lumayan fantastis itulah perlu perhatian khusus untuk membersihkannya.

Apple menyarankan, gunakan kain lembut yang tidak berserat untuk membersihkan Airpods-nya. Pastikan tidak menggunakan cairan saat membersihkan lubang. Pengguna juga dilarang menggunakan cairan pembersih apalagi material bersifat abrasif untuk membersihkan kotoran.

Kotoran yang menyangkut di speaker dapat mengurangi kualitas suara Airpods. Anda tidak harus membersihkannya sering-sering, seminggu sekali cukup. Untuk membersihkan lubang speaker sekaligus mikrofon, Apple merekomendasikan cotton bud halus.

Jika ada kotoran yang menyangkut, pengguna juga bisa memakai sikat lembut untuk mengeluarkannya. Anda juga bisa menggunakan sikat silikon yang biasa digunakan untuk membuat kue, dengan catatan belum pernah dipakai sebelumnya. Karena bisa saja zat-zat sisa adonan masih menempel dan merusak Airpods anda.

Sela-sela speaker juga perlu dibersihkan, namun untuk menjangkaunya pengguna kerap menggunakan benda-benda runcing dan tajam. Padahal, objek ini sangat dilarang Apple karena dapat menyebabkan kerusakan di dalamnya.

Ketika membeli Airpods, anda juga akan mendapat charging casenya. Perlu diingat, charging case ini tidak diperuntukkan untuk meletakkan benda apapun selain Airpods. Mengapa begitu? Karena debu bisa masuk dan menempel. Kalau sudah ada debu yang masuk, Anda harus menyingkirkannya dengan menyemprotkan udara ke dalamnya agar debu bisa keluar. Tidak seperti Airpodsnya, Anda boleh menggunakan alkohol 70% pada kain microfiber untuk membersihkan noda membandel di luar charging case.

Tidak sulit menemukan material-material yang sudah disebutkan di atas. Setidaknya bersihkan Airpods seminggu sekali agar awet dan tahan lama sehingga uang yang sudah anda keluarkan tidak terbuang sia-sia.

Share
back to top