Gunakan baterai non original, pengguna iPhone bersiap kehilangan beberapa fitur

Bukan hanya mereka yang menggunakan baterai non original saja, namun mereka yang mengganti baterai dengan baterai original di toko non resmi juga akan mengalami hal yang sama.

Gunakan baterai non original, pengguna iPhone bersiap kehilangan beberapa fitur iPhone (Mashable)

Pelayanan purna jual merupakan salah satu cara sebuah perusahaan mendapatkan keuntungan tambahan, selain tentunya memberi pengguna rasa aman terhadap perangkat mereka. Tapi, di atas kertas, setelah seseorang membeli sebuah perangkat, mereka dapat melakukan apapun terhadap perangkat mereka, termasuk membawa perangkat ke toko selain toko resmi jika perangkat mereka rusak.

Tampaknya, Apple tidak suka dengan ide tersebut. Ifixit melalui Wccftech (9/8/2019) melaporkan, saat ini Apple akan melakukan penguncian fitur dalam iPhone pengguna jika mereka mengganti baterai tidak di Apple Store.


BACA JUGA

Apple tuntut startup yang salin iOS

Ancaman perang dagang AS, Samsung untung Apple buntung

Apple Watch Series 5 bakal pakai OLED, meluncur September mendatang


Hal ini tidak berlaku hanya untuk baterai yang tak resmi saja. Melainkan, pengguna yang menggunakan baterai original namun tidak dipasang di Apple Store akan kehilangan fitur pengecekan kesehatan baterai di perangkat mereka.

Apple dilaporkan telah mengaktifkan 'kunci perangkat tidak aktif' yang menonaktifkan akses ke informasi kesehatan baterai. Beberapa perangkat seperti iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max yang menjalankan iOS 12 atau iOS 13 beta menjadi perangkat yang akan paling sering menemukan masalah tersebut.

Hal ini pertama kali disadari oleh salah satu YouTuber bernama TheArtofRepair. Dia mendapatkan bocoran pesan dari seseorang yang menyebut mikrokontroler Texas Instruments yang ada di baterai memiliki kunci otentikasi yang unik. 

Tanpa proses otentikasi, pengguna tidak diberi akses ke data kesehatan baterai seperti seberapa banyak ia mungkin mengalami degradasi, kemampuan kinerja puncaknya, dan kapasitas maksimum yang tersisa.

Para pengguna pun seolah dipaksa untuk membawa iPhone mereka ke Genius Bar atau perbaikan Apple resmi ketika perangkat mereka rusak. Tentu saja, hal ini bukan sebuah langkah yang menggembirakan bagi para pengguna iPhone.

Meski demikian, jika pengguna benar-benar tidak ingin membawa perangkat mereka ke reparasi Apple resmi, pengguna masih dapat mengganti baterai dimanapun. Perangkat mereka akan dapat digunakan seperti sedia kala.

Jika penasaran, silahkan simak video eksperimen TheArtofRepair berikut ini :

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: