sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Jumat, 04 Des 2020 14:20 WIB

Google Nearby Share sekarang bisa kirim aplikasi dari Play Store

Google mengumumkan update Nearby Share dengan kemampuan berbagi aplikasi langsung dari Google Play Store.

Google Nearby Share sekarang bisa kirim aplikasi dari Play Store
Source: Google

Google mengumumkan update baru untuk Nearby Share di ponsel Android. Ke depannya, fitur ini akan dapat berbagai aplikasi dari satu smartphone Android ke Android lainnya. Yang menarik adalah, proses transfer ini tidak membutuhkan koneksi WiFi atau data sama sekali. 

Untuk dapat berbagi aplikasi dengan ponsel Android lainnya, pengguna Nearby Share harus membuka Google Play Store kemudian akses menu Share Apps melalui opsi My Apps & Games. Opsi ini bisa dengan mengetuk ikon tiga garis di sebelah kiri atas tampilan Google Play Store. 

Selanjutnya, di menu Share Apps ini, pengguna dapat memilih aplikasi apa saja yang ingin dibagikan ke ponsel Android lainnya. Tekan Share untuk membagikan aplikasi yang sudah dipilih. Tahap selanjutnya adalah menunggu sampai proses transfer selesai dilakukan. 

Dalam blog resminya, Google tidak menyebut dengan rinci bagaimana teknis pembagian aplikasi ini akan dilakukan, misalnya persyaratan tambahan apa yang diperlukan agar prosesnya berhasil. Namun setidaknya, setiap ponsel Android yang hendak menggunakan fitur ini harus mendukung Nearby Share. 

Untuk diketahui, Nearby Share merupakan sebuah cara baru yang dihadirkan Google untuk kemudahan berbagai file, foto, video dan lainnya antar pengguna Android. Konsepnya mirip dengan Apple AirDrop. Pengguna hanya perlu mengaktifkan Nearby Share di masing-masing ponsel Android mereka untuk dapat berbagi file dengan cepat. 

Nearby Share diluncurkan Google beberapa bulan lalu. Fitur ini awalnya bernama Fast Share dan berganti nama menjadi Nearby Share. Google sudah menguji coba fitur ini sejak awal tahun 2020. Untuk saat ini, hanya ponsel Android dengan sistem operasi setidaknya Android 6.0 yang dapat menggunakan Nearby Share. 
 

Share
×
tekid
back to top