sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 17 Jul 2020 13:04 WIB

Google kembangkan tato yang bisa jadi touchpad

Bersama dengan Google, para peneliti sedang mengembangkan teknologi tato yang dapat menjadi touchpad bernama SkinMarks.

Google kembangkan tato yang bisa jadi touchpad

Ide membuat perangkat pintar yang dapat dipakai seolah-olah bagian dari tubuh pengguna memang sudah lama dilakukan oleh para pengembang. Namun hingga saat ini, masih belum ada teknologi yang benar-benar menggabungkan tubuh manusia dengan gadget.

Baru-baru ini Cnet (17/7) melaporkan, Google saat ini telah memberikan pendanaan untuk satu percobaan yang dapat mengubah kulit menjadi sebuah touchpad. Tentu saja, ini merupakan sebuah teknologi yang cukup menarik.

Disebutkan, penelitian ini disebut sebagai SkinMarks. Para peneliti sudah dapat mengubah sebuah tato menjadi touchpad yang kemudian akan dapat mengontrol perangkat lain yang terhubung dengannya.

Cara kerja dari teknologi ini adalah tato yang akan ditanamkan di bagian kulit pengguna dilengkapi dengan banyak sensor. Sensor ini dapat diaktifkan dengan jari atau sentuhan kulit manusia, sama seperti touchpad pada umumnya.

Pemicu pengaktifan sensor ini dapat dilakukan melalui sentuhan tradisional atau gerakan menggesek, seperti yang dilakukan di perangkat lainnya. Tetapi ada juga beberapa gerakan yang lebih spesifik untuk bekerja pada permukaan kulit.

Para pengguna akan dapat menekan area di sekitar tato atau menekuk jari atau anggota badan untuk mengaktifkan sensor. Hal ini menjadikan teknologi ini lebih intuitif jika dibandingkan dengan touchpad biasa.

Namun hingga saat ini masih belum diketahui kapan teknologi ini akan hadir di kehidupan nyata. Hal ini dikarenakan pengembangan dari teknologi ini masih terus dilakukan.

Share
×
tekid
back to top