sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 05 Jun 2024 18:07 WIB

Google Gemini perluas kendali aplikasi dengan ekstensi Spotify

Ekstensi Spotify ini akan membantu menemukan lagu berdasarkan lirik atau mencari lagu yang mirip dengan favorit pengguna.

Google Gemini perluas kendali aplikasi dengan ekstensi Spotify

Google terus berinovasi dengan proyek Gemini-nya, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetisi melawan ChatGPT. Raksasa teknologi ini berupaya mengintegrasikan chatbot AI-nya dengan berbagai aplikasi dan layanan yang digunakan oleh masyarakat melalui apa yang disebut sebagai ekstensi Gemini.

Dilansir dari Phone Arena (5/6), baru-baru ini, Google meluncurkan ekstensi YouTube Music, yang memungkinkan pengguna meminta Gemini untuk mencari, memutar, dan mengendalikan lagu langsung dari YouTube Music. Ada kemungkinan besar bahwa Google akan segera memperluas fitur ini ke aplikasi streaming musik lainnya.

Penelitian mendalam oleh Android Authority dan ahli kode Assemble Debug pada versi aplikasi Google 15.22.29.29.arm64 mengungkapkan bahwa Google sedang mengerjakan ekstensi Spotify untuk Gemini.

Seperti cara kerja ekstensi YouTube Music, ekstensi Spotify ini akan memungkinkan Gemini terhubung dengan aplikasi streaming musik asal Swedia tersebut. Ini berarti pengguna dapat menggunakan Gemini untuk mengelola pemutaran musik di Spotify dan memutar playlist atau artis favorit mereka. Gemini juga akan bisa membantu menemukan lagu berdasarkan lirik atau mencari lagu yang mirip dengan favorit pengguna.

Ekstensi Spotify untuk Gemini belum tersedia secara publik, namun setelah siap dan mendapat persetujuan dari Google setelah beberapa pengujian beta, ekstensi ini akan diluncurkan secara luas. Namun, setelah tersedia, pengguna mungkin perlu mengaktifkannya secara manual dengan langkah-langkah berikut:

  1. Di ponsel atau tablet pengguna, buka gemini.google.com.
  2. Di bagian atas, klik Menu, lalu tap pada Pengaturan, dan klik ekstensi.
  3. Temukan ekstensi yang pengguna cari dan aktifkan atau nonaktifkan.
  4. Ikuti petunjuk yang muncul di layar pengguna.

Ekstensi-ekstensi ini memberi Google Gemini akses ke data dari berbagai aplikasi dan layanan Google, membuat hasil AI-nya semakin tepat untuk pengguna. Misalnya, dengan ekstensi Google Workspace, Gemini dapat memberikan jawaban berdasarkan konten pengguna sendiri. Dan dengan ekstensi Google Maps, Gemini memberikan informasi berbasis lokasi.

Share
×
tekid
back to top