sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 16 Mei 2022 12:06 WIB

Google dan Samsung kembangkan Health Connect, permudah sinkronisasi data kebugaran

Google dan Samsung bekerja sama untuk mengembangkan Health Connect yang bertujuan untuk mempermudah sinkronisasi data kebugaran antar aplikasi.

Google dan Samsung kembangkan Health Connect, permudah sinkronisasi data kebugaran

Google dan Samsung saat ini diketahui sedang bekerja sama untuk mengembangkan sebuah platform yang dapat mempermudah sinkronisasi data kebugaran antar aplikasi bernama Health Connect. Platform dan aplikasi Pemrograman Antarmuka (API) ini nantinya akan memberi pengembang seperangkat alat untuk menyinkronkan data kesehatan pengguna antara aplikasi dan perangkat Android

Health Connect yang dikembangkan oleh dua perusahaan besar ini diharapkan akan menjadi sebuah platform tunggal untuk data kesehatan dan kebugaran. Sebab, platform ini akan memudahkan pengguna untuk melacak data kesehatan dan kebugaran mereka di beberapa aplikasi dan platform yang berbeda. 

Cara kerja dari Health Connect yaitu dengan mengkompilasi data kesehatan pengguna pada aplikasi terenkripsi pada perangkat mereka. Berdasarkan yang diungkap oleh pihak Google, pengguna akan diberikan kontrol penuh atas jenis data dan aplikasi apa yang mereka bagikan. 

Artinya, apabila pengguna mempunyai lebih dari satu aplikasi yang mengumpulkan data yang sama, maka pengguna dapat memilih untuk membagikan data tersebut melalui satu aplikasi saja. 

Sejauh ini, Health Connect akan mendukung lebih dari 50 tipe data dalam sejumlah kategori. Termasuk aktivitas, pengukuran tubuh, pelacakan tidur, siklus, nutrisi dan hal vital lainnya. 

TaeJong Jay Yang, wakil eksekutif presiden Samsung, seperti yang dikutip dari The Verge (16/5) mengatakan jika pihaknya akan bekerja sama dengan Google dan beberapa mitra lainnya untuk mewujudkan manfaat dan potensi penuh dari Health Connect. Ia juga menambahkan jika Samsung juga akan segera mengadopsi Health Connect. “Saya senang mengkonfirmasi bahwa Samsung Health juga akan mengadopsi Health Connect akhir tahun ini,” tuturnya. 

Saat ini Health Connect masih dalam versi beta terbuka yang dapat diakses oleh semua pengembang Android. Selain Samsung, Google juga bekerja sama dengan pengembang MyFitnessPal, Leap Fitness, dan Withings dalam program akses awal.
 

Share
×
tekid
back to top