Gim kasual mendominasi pertumbuhan gim di perangkat seluler
pertumbuhan gim seluler semakin meningkat. Tahun ini, pertumbuhan itu ditargetkan akan mencapai 60 persen panga pasar dari konsumsi gim secara global.
Source: Pexels
Pertumbuhan gim seluler terus meningkat. Tahun ini, pertumbuhan tersebut memiliki target mencapai 60 persen pangsa pasar dari konsumsi gim secara global. Laporan berjudul Mobile Gaming Apps Report: 2019 User Acquisition Trends and Benchmarks yang dirilis oleh Liftoff mengungkapkan insight menarik.
Dari peningkatan pertumbuhan gim seluler itu, gim kasual mendominasi industri gim pada perangkat mobile ini. Genre gim ini bahkan mampu menghasilkan angka penjualan sebesar USD3 miliar melalui pembelian di dalam aplikasi.
Untuk diketahui, gim kasual berjenis tambal pasang (puzzle), mampu menghasilkan peningkatan pendapatan sebesar 34 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara gim arcade, yang sederhana namun menawarkan tingkatan kesulitan pada level-level selanjutnya. Game jenis ini tercatat memperoleh peningkatan sebesar hampir dua kali lipat dari jumlah pendapatan mreka di tahun lalu.
Komponen utama dari pasar gim kasual adalah segmen gim hiperkasual. Ini merupakan jenis gim yang menawarkan permainan sederhana. Mudahnya, pemain hanya perlu mengetuk layar untuk memainkan gim tersebut. Nah, gim jenis ini terbukti sebagai medium yang menguntungkan dari segi monetisasi. Pasalnya gim hiperkasual merupakan gim yang memang dirancang untuk menampilkan iklan.
- RRQx7SINS Siap Angkat Nama Indonesia di Delta Force Invitational Warfare 2025
- GOGOGO School Championship Buka Peluang Pelajar SMA Masuk Ekosistem Esport Nasional Lewat Game MLBB
- Ini Deretan Game Indie Baru di Akhir Tahun, Marvel Cosmic Invasion hingga Game Horor Routine
- EA Tidak Rilis Game F1 26 Tahun Depan, Fokus pada Ekspansi Besar F1 25 untuk Musim 2026
Lebih lanjut lagi, data Apptopia menunjukkan bahwa jumlah unduhan aplikasi gim hiperkasual mencapai hampir 630 juta. Pendapatan yang dihasilkan gim jenis ini mencapai USD53 miliar di seluruh dunia. Keuntungan ini didapatkan dari transaksi mikro, berupa pembelian di dalam aplikasi gim yang bersangkutan.
Tak hanya itu, laporan Liftoff pun menunjukkan bahwa gim hiperkasual lebih berpotensi memunculkan audiens baru tanpa harus mengambil alih audiens dari gim lainnya. Gim ini rupanya membidik segmen audiens yang “belum mengidentifikasi diri mereka sendiri sebagai pemain gim”.
“Pasar gim kasual saat ini sedang mengalami kenaikan dan didukung dengan baik oleh situasi pemasaran,” ujar Dennis Mink, VP Marketing Liftoff.
“Tampaknya kenaikan masih akan muncul dalam hal biaya yang dikeluarkan serta tingkat konversi sebesar dua digit terkait pengguna yang masih perlu diyakinkan di tingkat awal,” lanjutnya.
Buka hanya itu, gim berjenis kasino juga banyak menarik perhatian audiens. Gim jenis ini mampu menghasilkan pendapatan sebesar USD1,27 miliar dalam kurun waktu beberapa bulan di tahun 2018. Gim ini juga menawarkan reward yang tinggi serta memiliki konsumen yang sangat loyal.
Data-data tersebut menunjukkan bahwa popularitas gim pada perangkat mobile semakin meningkat. Tingginya pendapatan yang diperoleh jenis-jenis gim ini menjadi penunjuk bahwa pertumbuhan gim seluler terus meningkat.








