Fitur kenalan via kode QR segera hadir di WhatsApp

WhatsApp berencana untuk membawa fitur pemindai kode QR pada platform-nya. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk terhubung.

Fitur kenalan via kode QR segera hadir di WhatsApp (Foto: Forbes)

WhatsApp tampaknya tengah bersemangat menambahkan fitur-fitur baru bagi pengguna. Meski tengah sibuk menambahkan stiker, perusahaan yang diakuisisi Facebook itu rupanya juga mengembangkan fitur berbagi kontak melalui kode QR. 

Fitur ini memang tak begitu asing ketika digunakan pada aplikasi media sosial. Pasalnya fitur pengenal kontak menggunakan kode QR, sebelumnya juga digunakan pada BlackBerry Messenger (BBM) dan Line. Tak hanya itu, fitur kode QR juga kini digunakan oleh Instagram dengan mengusung nama "Nametag".


BACA JUGA

WhatsApp kembali uji berbagai fitur baru

Akhirnya WhatsApp Business buat iOS masuk Indonesia

WhatsApp segera luncurkan fitur blokir undangan grup tak dikenal


Dilansir NDTV (15/11), WhatsApp berencana untuk membawa fitur itu pada platform-nya. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk terhubung, khususnya ketika nomor pengguna belum ditambahkan ke kontak secara manual.

WABetaInfo menyebutkan WhatsApp merancang fitur yang disebut "Share Contact Info via QR". Fitur itu akan memungkinkan pengguna berbagi rincian kontak mereka ke pengguna lain melalui kode QR. Sebagai gambaran, fitur ini akan bekerja sebagaimana fitur Nametag di Instagram, atau Snapcode di Snapchat.

WABetaInfo bahkan menunjukkan fitur itu melalui gambar screenshot guna menjelaskan bagaimana fitur itu melengkapi WhatsApp. Screenshot menunjukkan pengguna bisa menambahkan kontak baru di WhatsApp hanya dengan memindai kode QR. Setelah aplikasi mendeteksi dan mengenali kode QR dengan benar, aplikasi akan mengisi semua kolom kontak di buku kontak pengguna. Sama halnya ketika pengguna menambahkan kontak di buku kontak mereka. 

WABetaInfo mengklaim fitur itu terlihat di iOS. Kendati begitu, Android akan segera mendapat fitur yang sama. Fitur pengenal kode QR juga kemungkinan bisa digunakan untuk WhatsApp Business dimana pengguna bisa mempublikasikan toko mereka. Sebagai catatan, fitur ini masih dalam tahap pengembangan perusahaan sehingga belum tersedia baik di iOS maupun Android. Kita tunggu saja. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: