sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Kamis, 14 Nov 2019 10:16 WIB

Fitur-fitur ini belum dapat digunakan saat Stadia meluncur

Google akhirnya mengkonfirmasi fitur-fitur apa saja yang belum dapat digunakan saat Stadia meluncur pertengahan November nanti.

Fitur-fitur ini belum dapat digunakan saat Stadia meluncur
Source: Google

Google Stadia sebentar lagi akan diluncurkan. Sejumlah pertanyaan masih menggantung di sekitar layanan gim ini, salah satunya adalah fitur apa yang dipastikan akan tersedia untuk peluncuran perdana tersebut. 

Berkenaan dengan itu, Google akhirnya angkat bicara. Seorang perwakilan perusahaan tersebut mengungkap beberapa fitur mungkin belum akan tersedia ketika Stadia diluncurkan pada 19 November mendatang. Dilansir dari Kotaku (14/11), fitur-fitur ini dilaporkan baru akan tersedia tahun depan. 

Berikut ini adalah beberapa fitur yang belum terdapat di Stadia saat diluncurkan nanti: 

Stream Connect, State Share dan Crowd Play

Ketiganya merupakan fitur utama dari Stadia. Fitur ini memungkinkan pemain untuk bergabung dengan pemain lain dan membuat Stadia lebih dari sekadar gim yang dapat dimainkan secara remote. Andrey Doronichev, Direktur Produk Stadia mengungkapkan bahwa ia berharap gim dengan dukungan Stream Connect akan meluncur akhir tahun ini. 

Sistem pencapaian Stadia

Layanan inilah yang akan merekam aktivitas permainan para pengguna Stadia, termasuk pencapaian apa yang sudah didapatkan. Pengguna nantinya belum akan dapat melihat sistem ini atau mendapat notifikasi terkait hal tersebut. Hal ini akan berlangsung setidaknya sampai “beberapa waktu” setelah Stadia diluncurkan. Google tidak memberi informasi mengenai kapan sistem ini akan tersedia. 

Chromecast Ultra

Saat diumumkan, Google menyebut bahwa pemain dapat menggunakan Chromecast Ultra untuk mengakses Stadia. Tapi ini ternyata hanya berlaku bagi Chromecast yang diluncurkan bersama dengan Stadia. Versi lainnya belum menerima update firmware untuk mendukung Stadia. Doronichev menyebut bahwa Google akan segera memberikan update OTA untuk Chromecast Ultra yang sudah ada sebelum Stadia diluncurkan. 

Buddy Pass

Paket berlangganan Stadia Founder memungkinkan pengguna untuk membagikan akses Stadia secara gratis kepada orang lain selama tiga bulan. Inilah yang disebut dengan Buddy Pass. Namun fitur ini tidak akan langsung tersedia saat Stadia diluncurkan. Pengguna setidaknya harus menunggu sekitar dua minggu sejak mereka menerima paket Stadia Founder itu. 

Kontroler Stadia

Dengan Stadia, pengguna dapat memainkan gim PC di smartphone atau bahkan komputer, apa pun spesifikasinya menggunakan browser Chrome. Nah, Google juga menyediakan kontroler khusus untuk dapat memainkan gim di Stadia jika menggunakan Chromecast. Sayangnya beberapa pengguna melaporkan pengiriman Stadia controller baru dilakukan setelah layanan ini diluncurkan. 

Family Sharing

Untuk diketahui, para orang tua dapat mengendalikan apa saja yang dapat diakses oleh anak mereka di Stadia. Namun tidak dengan orang lain di dalam rumah yang sama. Mereka saat ini belum dapat membagikan gim di layanan tersebut saat Stadia pertama kali diluncurkan. Doronichev menyebut bahwa ini merupakan salah satu fitur dengan tingkat prioritas yang tinggi. Ia sendiri mengklaim bahwa Google akan meluncurkan fitur ini setidaknya pada awal tahun depan. 

Untuk diketahui, saat pertama kali diumumkan, Google menyebut bahwa ada sekitar 40 gim yang dapat dimainkan. Kendati begitu, untuk tahap awal, hanya 12 gim saja yang akan tersedia. 12 gim lainnya dipastikan akan meluncur di sepanjang sisa tahun ini. 

Share
back to top