sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 22 Des 2018 13:53 WIB

Facebook buat cryptocurrency untuk transfer uang melalui WhatsApp

Facebook bakal kembangkan cryptocurrency agar para pengguna dapat melakukan transfer uang melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Facebook buat cryptocurrency untuk transfer uang melalui WhatsApp
Source: Google

Facebook kabarnya sedang membangun sebuah desain cryptocurrency. Desain tersebut diperuntukkan bagi para pengguna WhatsApp. Nantinya, pengguna  WhatsApp bisa melakukan transfer uang di dalam aplikasi. Bloomberg (22/12) melaporkan bahwa cryptocurrency tersebut untuk saat ini hanya ditujukan bagi pengguna WhatsApp di India.

Langkah awal yang diambil Facebook adalah dengan mengembangkan mata uang digital yang dikenal sebagai “stablecoin”. Stablecoin merupakan tipe mata uang digital yang dinilai lebih stabil ketimbang Bitcoin lainnya. Jalan panjang masih membentang bagi Facebook untuk merilis koin ini. Pasalnya, Facebook saat ini masih berkutat pada strategi, termasuk rencana pemeliharaan aset, atau uang reguler yang akan digunakan untuk menjamin nilai stablecoin.

Langkah Facebook untuk terjun ke blockchain sebenarnya bukan hal baru lagi. Wacana tersebut dimulai sejak Facebook merekrut mantan presiden PayPal untuk mengurusi Facebook Messenger, David Marcus. Kemudian Marcus dipindahkan ke divisi blockchain untuk mengembangkan cryptocurrency.

WhatsApp sendiri merupakan sebuah aplikasi pesan yang terenkripsi dengan baik. Populer di berbagai belahan dunia, khususnya di India. Di negeri tersebut, WhatsApp memiliki jumlah pengguna sebanyak 200 juta. Bahkan kabarnya WhatsApp berhasil meraup keuntungan USD69 juta hanya dari para pengguna di India pada tahun 2017.

Belum diketahui kapan Facebook akan merilis cryptocurrency yang kabarnya akan bernama Cheddar tersebut. Sejak pertama kali diumumkan, belum ada update terbaru dari Facebook mengenai cryptocurrency itu.

Share
×
tekid
back to top