Facebook bakal luncurkan tab berita khusus tahun ini

Facebook dikabarkan sedang membuat perjanjian lisensi dengan penerbit besar, untuk meluncurkan tab berita khusus.

Facebook bakal luncurkan tab berita khusus tahun ini Source: Grand Forks Herald

Facebook dikabarkan sedang mendekati penerbit berita besar untuk membuat perjanjian lisensi. Dilansir dari The Verge (8/8), Facebook sedang membuat lisensi untuk menerbitkan berita dan konten berita lain. Kesepakatan tersebut dikabarkan bisa bernilai jutaan dolar per-penerbit, dengan dilaporkan menawarkan hingga USD3 juta per-tahun untuk hak lisensi. 

Kabarnya Facebook berencana untuk memasukkan artikel-artikel tersebut ke bagian tab berita khusus, yang akan diluncurkan pada musim gugur ini. Dikabarkan penerbit akan menandatangani perjanjian tersebut yang berlangsung selama tiga tahun, dan mereka akan mendapatkan kontrol atas bagaimana artikel muncul di Facebook. Seperti judul dan teks, sebelum dikirim ke situs penerbit. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Facebook kembangkan cara lindungi anak-anak dari predator di platformnya

Studi: Ratusan penjual di Indonesia mulai bisnis dari Facebook

Facebook Indonesia Summit 2019 jadi ajang kumpul komunitas Facebook


Diklaim ini akan berbeda dengan pendekatan Apple terhadap Apple News Plus, layanan berlangganan yang berfokus pada majalah dengan pembagian pendapatan. Sementara Facebook sebelumnya telah membuat kesepakatan dengan penerbit untuk membuat video di Facebook Live, kesepakatan dengan perusahaan media untuk membuat konten asli di Watch, dan platform Instant Articles yang akhirnya gagal.

Tampaknya ini akan menjadi evolusi dari pendekatan Facebook yang berbeda terhadap berita dari sebelumnya. Ini juga akan menjadi langkah yang cukup berisiko untuk Facebook. Mengingat beberapa tahun terakhir lalu telah marak berita palsu dan campur tangan pemilu yang terdapat di Facebook. Tentunya ini membuat platform Facebook sulit dipercaya bagi banyak orang terkait konten berita.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
facebook