sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Senin, 13 Mar 2023 18:57 WIB

Epic Games bakal tarik Fortnite dari Tiongkok

Dikarenakan beberapa hal yang terjadi, Epic Games dikabarkan akan menarik gim populer mereka, Fortnite dari Tiongkok.

Epic Games bakal tarik Fortnite dari Tiongkok

Raksasa teknologi AS, Epic Games mengatakan akan menutup game Fortnite di Tiongkok. Hal ini dilakukan setelah beberapa bulan lalu pihak berwenang memberlakukan serangkaian pembatasan ketat di pasar game terbesar di dunia sebagai bagian dari tindakan keras terhadap sektor teknologi.

Beijing telah memulai tindakan keras peraturan yang luas pada sejumlah industri dalam upaya untuk memperketat kontrolnya terhadap ekonomi, dengan perusahaan teknologi menanggung beban yang paling berat. Pada bulan September, para pejabat mengatakan mereka ingin mengekang kecanduan di negara yang gila game dengan mengumumkan pemotongan drastis jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain online dan memerintahkan pemain untuk menggunakan kartu ID saat mendaftar.

Langkah tersebut memberikan pukulan telak bagi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan membuat harga saham perusahaan game jatuh. Sekarang, Epic telah menghentikan Fortnite, dengan mengatakan akan menutup game yang sangat populer itu pada 15 November. "Tes Beta Fortnite Tiongkok telah berakhir, dan server akan segera ditutup," kata perwakilan Fortinite dalam sebuah pernyataan. "Pada 15 November pukul 11 pagi, kami akan mematikan server game, dan pemain tidak lagi dapat masuk."

Saham Tencent yang terdaftar di Hong Kong, yang memiliki saham besar di Epic, turun pada Selasa. Langkah ini mengakhiri uji coba jangka panjang Fortnite versi Epic yang khusus dibuat untuk pasar Tiongkok , di mana konten diawasi untuk kekerasan yang berlebihan. Versi uji Tiongkok dirilis pada 2018, tetapi Fortnite tidak pernah menerima lampu hijau dari pemerintah untuk peluncuran resmi karena persetujuan untuk game baru melambat.

Seperti diketahui, Epic Games adalah perusahaan kedua yang berbasis di AS yang menarik produk populer dari Tiongkok dalam beberapa minggu terakhir, setelah Microsoft mengumumkan pada bulan Oktober bahwa mereka akan menutup jejaring sosial LinkedIn yang berorientasi pada karier di negara tersebut.

Pada bulan September, ratusan pembuat video game Tiongkok termasuk Tencent berjanji untuk lebih mengawasi produk mereka untuk konten yang "berbahaya secara politik" dan memberlakukan pembatasan pada pemain di bawah umur, karena mereka tampaknya sejalan dengan tuntutan pemerintah.

213 perusahaan game berjanji dalam pernyataan bersama untuk melarang konten yang "berbahaya secara politik, nihilistik secara historis, kotor dan pornografi, berdarah dan menakutkan".

Perusahaan game Tiongkok juga telah diperintahkan oleh regulator untuk berhenti berfokus pada keuntungan dan mendapatkan penggemar, dengan perusahaan yang dianggap melanggar aturan terancam hukuman. Pengumuman Fortnite disambut dengan kesedihan dari para penggemar di Tiongkok , yang turun ke media sosial untuk berduka atas hilangnya permainan tersebut.

"Saya benar-benar menangis sangat keras –- saya baru saja bermain dengan pacar saya dan benar-benar menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya," tulis seorang pengguna Weibo. "Ini sangat mendadak." Banyak yang mengatakan bahwa mereka telah mencurahkan ratusan jam untuk membangun karakter dan jejaring sosial mereka di dalam game.

Beberapa akun penggemar Fortnite di Weibo membagikan tautan ke petisi di mana para pemain mendesak Epic untuk mentransfer data pemain ke server di luar Tiongkok, menulis bahwa mereka akan kehilangan data game dengan "hati dan pikiran kami" tersimpan di dalamnya.

Share
×
tekid
back to top