Earphone baru SoundMagic punya konektor USB-C

Konektor USB-C bisa jadi membawa efek besar dalam hal perbedaan kualitas suara dibandingkan dengan jack standar 3.5 mm.

Earphone baru SoundMagic punya konektor USB-C Source: SoundMagic

Salah satu produsen audio yang memproduksi earphone dan headphone, SoundMagic, mulai menghadirkan model earphone dengan USB-C ke dalam lini produk mereka. Dilansir dari The Verge (20/12), produk yang menggunakan konektor digital tersebut adalah SoundMagic E11D. Earphone ini memiliki kontruksi berbahan alumunium dan diklaim cocok untuk pengguna smartphone Android yang tidak dilengkapi jack audio 3.5 mm.

Konektor USB-C bisa jadi membawa efek besar dalam menentukan kualitas suara dibandingkan dengan jack audio standar 3.5 mm. Lantaran USB-C menghadirkan sinyal suara digital, artinya earphone SoundMagic yang menganut konektor tersebut memiliki (Digital to Analog Converter) DAC sendiri ketimbang mengandalkan chip prosesor suara yang ada di smartphone.


BACA JUGA

Victrola punya speaker khusus untuk penggemar kopi

Bang & Olufsen punya headphone berbasis Google Assistant

Pemutar musik Astell&Kern dibanderol Rp50 juta


Pabrikan audio yang berbasis di China tersebut mengatakan earphone yang menggunakan DAC bawaan ini mampu menangani suara beresolusi tinggi hingga 96 kHz / 24 bit. Ini sama seperti pengalaman mendengarkan musik High Rest berformat FLAC & WAV.

Selain E11D dengan USB-C, SoundMagic menginformasikan segera mengumumkan earphone nirkabel terbarunya lewat E11TW. Tidak ketinggalan pula SoundMagic E11BT, yaitu earphone model E11 dengan dukungan koneksi nirkabel berbasis Bluetooth. Harga yang ditawarkan untuk earphone Soundmagic E11D adalah USD60 (Rp875 ribu).

SoundMagic merupakan global brand yang relatif baru namun dalam waktu singkat telah mendunia. Ada beberapa penghargaan dari majalah audio/video yang ia gaet dalam beberapa tahun belakangan ini. Berawal dari 2005, SoundMagic mendesain headphone dan earphone untuk pabrikan brand lain. Setahun setelahnya, Managing Director Soundmagic, Tony Xu memutuskan untuk menghadirkan produk mereka sendiri.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: