Dompet digital Dana sudah tersedia untuk Android dan iOS

Dana menawarkan sejumlah layanan financial technology (fintech) seperti melakukan transaksi pembayaran, hingga berkirim uang.

Dompet digital Dana sudah tersedia untuk Android dan iOS (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Aplikasi Dana resmi meluncur di Indonesia. Dana menawarkan sejumlah layanan financial technology (fintech) seperti melakukan transaksi pembayaran, hingga berkirim uang.

Sebelumnya kehadiran Dana telah diumumkan sejak awal tahun. Namun kala itu, layanan Dana belum berdiri sendiri, melainkan 'menumpang' di aplikasi BlackBerry Messenger dan Bukalapak. Kini Dana telah berdiri sendiri, dan aplikasinya tersedia baik di Play Store maupun App Store


berita tentang tek.id

BACA JUGA

OVO tunjuk Presiden Direktur baru

Tawaran jasa keuangan dan Fintech lewat SMS ternyata langgar aturan

Gandeng Visa, Line Pay luncurkan kartu pembayaran digital


Hadir di antara sejumlah aplikasi fintech lainya, Dana mengandalkan fitur yang aman dan cerdas. Selain itu, Dana juga diklaim dirancang dengan tampilan yang mudah digunakan sehingga membuat penggunanya nyaman. 

Terkait fitur safe-nya, CEO Dana, Vince Iswara, mengatakan setiap transaksi yang dilakukan di Dana, akan mendapatkan garansi. Artinya, jika pengguna mengalami kegagalan atau kesalahan transaksi, Dana akan memperbaikinya. Selain itu, aplikasi dompet digital tersebut juga akan memberikan pengembalian dana atas transaksi yang tidak sesuai. 

"Untuk memastikan transaksi di Dana atau melalui Dana, akan kita garansi. Kalau terjadi kehilangan, transaksi tidak sesuai, kita garansi 100 persen. Ini karena kita confident bahwa Dana safe," kata Vince. 

Prosedur pengembalian dana itu sendiri, dijelaskan Vince mulanya akan dianalisa oleh algoritma. Ketika ditemukan ketidaksesuaian, sistem akan secara otomatis melakukan pengembalian saldo. Namun dalam beberapa kasus, pengguna diharuskan melakukan laporan. Hal ini disebut Vince minim terjadi, karena sistem kerap lebih dulu mengidentifikasi kekeliruan yang terjadi. 

Selain sebagai dompet digital, Dana juga telah mendapat lisensi dari Bank Indonesia untuk menyediakan layanan uang elektronik, lembaga keuangan digital (LKD), dan transfer dana. 

Menariknya, Dana telah terintegrasi dengan Dukcapil guna melakukan verifikasi pengguna. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan kartu debit atau kredit, sehingga memudahkan pengguna untuk transaksi tanpa melakukan saldo. Artinya, transaksi bisa dilakukan dengan menarik saldo dari kartu debit atau kredit, namun melalui aplikasi Dana. 

Terkait metode pembayaranya, pengguna bisa memindai kode QR di merchant Dana. Perusahaan sendiri menggandeng berbagai merchant untuk menjadi mitranya, mulai dari UKM hingga toko kelontong. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: