sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
Selasa, 17 Nov 2020 20:44 WIB

Daftar fitur baru Tokopedia untuk Android

Tokopedia menghadirkan inovasi baru khusus pengguna aplikasi Tokopedia di Android. Fitur baru Tokopedia ini disesuaikan dengan kebutuhan serta gadget pengguna.

Daftar fitur baru Tokopedia untuk Android

Tokopedia baru saja menghadirkan inovasi baru khusus pengguna aplikasi Tokopedia di Android. Inovasi yang dihadirkan Tokopedia sejalan dengan kemajuan dan tren teknologi di tahun ini. Fitur-fitur baru Tokopedia yang bisa digunakan oleh pengguna Android ini disesuaikan dengan kebutuhan serta gadget yang digunakan pengguna.

Rico Harisin, Head of Engineering Tokopedia menjelaskan, inovasi ini dibuat agar semua kalangan masyarakat Indonesia bisa menggunakan aplikasi Tokopedia tanpa memakan ruangan penyimpanan yang besar. "Kami ingin memastikan bahwa setiap masyarakat yang menggunakan Android, bisa mengunduh aplikasi kita dengan cepat tanpa memakan kuota dan memakan penyimpanan ruang. Kami tidak mau masyarakat mengalami kendala ruang penyimpanannya terbatas. Karena itu kami menghadirkan fitur tersebut,” kata Rico.

Dynamic Feature

Mengacu pada berbagai smartphone yang digunakan pengguna, fitur terbaru Tokopedia dirancang kompatibel untuk pengguna smartphone baik dengan kapasitas yang besar ataupun kapasitas yang sedang. Dengan Dynamic Feature, aplikasi Tokopedia akan mengunduh fitur utama yang memang digunakan oleh pengguna, sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat Android. Fitur ini mengurangi rata-rata ukuran aplikasi Tokopedia sebesar 27%, dari 49.9MB menjadi 36MB. 

Dalam praktiknya, pengguna yang tidak memiliki toko di Tokopedia tidak akan mendapatkan fitur seputar penjualan untuk menghemat ruang penyimpanan. Sebaliknya, fitur ini dan fitur komplit lainnya akan dimiliki oleh pengguna yang memiliki toko. Fitur ini akan bekerja secara otomatis, sehingga pengguna tidak perlu memilhnya secara mandiri. Dengan demikian, pengguna dapat lebih mengoptimalkan penyimpanan ponsel. 

App Action & Google Assistant

Fitur terbaru selanjutnya yaitu App Action dan Google Assistant  Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna menjalankan aplikasi Tokopedia melalui perintah suara. Contohnya, pengguna bisa membayar tagihan dengan menggunakan Google Assistant dan akan langsung terhubung ke menu tagihan. Dengan fitur ini pengguna bisa dengan mudah membayar tagihan tanpa membuka aplikasi. Namun, tidak semua layanan yang ada di Tokopedia bisa menggunakan fitur perintah suara.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna mengetahui tagihan yang belum terbayar, mulai dari tagihan listrik, air hingga pulsa dan paket data, dengan lebih cepat dan mudah.
 
Android App Shortcut

Fitur selanjutnya yang dihadirkan Tokopedia adalah Android Shortcut. Seperti namanya, Tokopedia menghadirkan shortcut untuk beberapa layanannya yang langsung terhubung seperti share, jual, bayar, dan beli. Dengan tap dan menahan ikon aplikasi Tokopedia, pengguna dapat mendapati aplikasi terbuka secara langsung tanpa harus membuka aplikasi utama. 

NFC

Fitur lainnya yang dihadirkan Tokopedia dan tidak kalah penting adalah NFC. Sejumlah ponsel kini sudah memiliki layanan NFC yang berguna untuk mentransfer baik data maupun uang dengan cepat. Tokopedia menghadirkan layanan tersebut di aplikasinya. Fitur ini bisa digunakan untuk membeli saldo e-money dengan cara menempelkan kartu e-money fisik dengan smartphone Tokopedia juga sekaligus menjadi ecommerce pertama di Indonesia yang menghadirkan NCF.

Voice to Text Search

Fitur terakhir yang dihadirkan Tokopedia adalah Voice to Text Search. Fitur ini berguna untuk mencari barang di Tokopedia tanpa mengetik secara manual, melainkan pengetikan menggunakan input suara. Cukup dengan menekan ikon mic dan ucapkan yang pengguna ingin cari, maka Tokopedia akan menampilkan produk terkait.

Fitur-fitur tersebut dihadirkan oleh Tokopedia untuk memenuhi dan memudahkan pengguna dalam berbelanja maupun berjualan di platform-nya. 

Share
×
tekid
back to top