D-Link perkenalkan router 5G

Era koneksi 5G makin nyata. Selain kehadiran chipset dan ponsel yang mendukung koneksi cepat ini, internet broadband juga bakal menikmati hal yang sama.

D-Link perkenalkan router 5G Source: Engadget

Koneksi 5G diprediksi bakal menjadi tren utama di tahun 2019. Apalagi setelah Qualcomm merilis chipset Snapdragon 855 yang sudah mendukung koneksi ini. Belum lagi beberapa vendor mulai menyiapkan ponsel dengan dukungan 5G.

Bukan hanya ponsel, internet broadband pun bakalĀ merambah ke koneksi 5G. Beberapa produsen router, misalnya D-Link kabarnya sudah menyiapkan sebuah router yang mendukungĀ 5G. Router DWR-2010 5G NR akan menawarkan koneksi 5G kepada para penggunanya. Syaratnya, pengguna harus memiliki SIM Card dan paket data 5G.


BACA JUGA

MIT punya cara untuk kurangi waktu buffering streaming video

Jutaan data fingerprint berpotensi diakses peretas

Kasus pencurian data pribadi mulai marak di internet


Tak hanya itu, router D-Link tersebut juga menawarkan opsi penyesuaian untuk penyedia layanan internet dan beroperasi di konfigurasi sub-6 GHz dan frekuensi 5G mmWave. Artinya, operator penyedia layanan dapat menggunakan jaringan internetnya untuk paket internet rumah berbasis 5G dan melakukan diagnosa jarak jauh bila diperlukan.

Dilansir dari Engadget (5/1), D-Link mengklaim bahwa router buatannya dapat memiliki kecepatan setara dengan 3Gbps, yang berarti 40 kali lebih cepat dari kecepatan rata-rata internet boradband yang pernah ada.

DWR-2010 5G NR dilaporkan akan hadir di semester kedua tahun 2019. Hingga saat ini belum diketahui berapa harga yang akan dibanderol untuk router tersebut.

Perlu diketahui, Apple dikabarkan juga memiliki niat serupa. Paling lambat, di tahun 2020 Apple kabarnya akan mengadopsi standar 5G tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: