Cara pakai fitur katalog di WhatsApp Business

WhatsApp menghadirkan fitur katalog di WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan penjual untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Business mereka.

Cara pakai fitur katalog di WhatsApp Business (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

WhatsApp menghadirkan fitur katalog di WhatsApp Business. Fitur ini memungkinkan penjual untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Business mereka. Fitur ini juga berfungsi sebagai etalase produk yang memungkinkan konsumen melihat daftar produk maupun jasa yang ditawarkan penjual.

Dari katalog tersebut, konsumen tak hanya bisa melihat foto produk atau jasa, namun juga keterangan produk termasuk detail produk hingga harga produk. Fitur ini kini tersedia untuk WhatsApp Business di Indonesia baik di Android maupun iOS. Berikut cara pakai fitur katalog di WhatsApp Business.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Fitur katalog di WhatsApp Business resmi hadir di Indonesia

Begini cara sembunyikan chat WhatsApp

Fitur rahasia WhatsApp yang tak diketahui pengguna Android dan iPhone


Buka WhatsApp Business

Fitur katalog hanya tersedia di WhatsApp Business. Jika Anda belum menggunakan aplikasi tersebut, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store maupun Apps Store.

Buka menu pengaturan

Dari tampilan utama aplikasi, pilih ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih menu Pengaturan. Dari situ, pilih menu Pengaturan Bisnis. Anda akan menemukan berbagai opsi termasuk katalog.

Sebagai catatan, pastikan aplikasi WhatsApp Business Anda sudah diperbarui untuk mendapatkan fitur katalog. Klik menu katalog untuk mengunggah foto produk.

Tambahkan foto produk/jasa

Setelah memilih menu katalog, Anda akan menemukan ikon untuk menambahkan foto di bawah tampilan. Pilih menu tersebut dan klik menu tambahkan foto untuk menambahkan gambar produk/jasa. Anda bisa menambahkan gambar dari galeri ponsel atau dari kamera secara langsung.

Selain itu, Anda bisa menambahkan caption atau keterangan produk/jasa meliputi nama produk, deskripsi, hingga harga. Anda pun bisa menambahkan link yang terkait dengan produk/jasa tersebut. Ada juga kolom yang tersedia untuk penjual menambahkan kode produk untuk mempermudah identifikasi. Selanjutnya pilih tombol simpan untuk menyimpan foto tersebut di tab katalog.

Lakukan proses yang sama untuk mengunggah foto produk/jasa lainnya. WhatsApp Business memungkinkan pengguna untuk mengunggah foto produk atau jasa hingga 500 foto. Jika unggahan foto sudah mencapai batas maksimal, maka aplikasi akan menampilkan notifikasi yang memberikan opsi bagi Anda untuk menghapus foto lawas dan mengunggah foto baru. Anda juga bisa membagikan foto katalog ke pengguna lain melalui WhatsApp Messanger. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: