Fitur katalog di WhatsApp Business resmi hadir di Indonesia

Fitur katalog di WhatsApp Business berfungsi layaknya etalase produk bagi pelaku usaha di Indonesia.

Fitur katalog di WhatsApp Business resmi hadir di Indonesia Foto: Lely/ Tek.id

November lalu WhatsApp meluncurkan fitur katalog di WhatsApp Business. Fitur ini diluncurkan di beberapa negara secara global termasuk di India, Brazil dan Meksiko. Sebelum diluncurkan di Indonesia, perusahaan juga melakukan uji coba. Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air bahkan mendapat kesempatan untuk yang pertama menguji coba fitur katalog di WhatsApp Business.

"Indonesia merupakan negara yang penting bagi kami. Pelaku UKM di Indonesia menjadi salah satu yang pertama menguji coba fitur katalog di WhatsApp Business. Mereka bahkan mengadopsi fitur itu dengan cepat dan tercatat sebagai pengguna terbanyak yang mengadopsi katalog di banding negara lainnya," kata Sravanthi Dev, Direktur Komunikasi APAC, WhatsApp di Jakarta (3/12).


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Cara pakai fitur katalog di WhatsApp Business

Begini cara sembunyikan chat WhatsApp

Fitur rahasia WhatsApp yang tak diketahui pengguna Android dan iPhone


Fitur katalog di WhatsApp Business sendiri seperti etalase produk bagi pelaku usaha di Indonesia. Konsumen yang berkunjung ke profil pengguna WhatsApp Business bisa melihat produk yang mereka jual, harga produk hingga keterangan lainnya. Fitur katalog juga seperti toko virtual dimana produk bisa ditampilkan di WhatsApp Business, meskipun penjual tak memiliki toko offline.

"Diluncurkan sebulan yang lalu. Tanggapannya di Indonesia banyak masukan yang menunjukkan mereka peduli dengan pertumbuhan bisnisnya. Katalog ini akan membantu menyediakan etalase supaya bisnis mereka lebih besar, dan menarik konsumen yang suka melihat banyak produk," ujarnya.

Sesuai dengan prinsip WhatsApp, fitur katalog dirancang dengan sederhana. Pasalnya aplikasi WhatsApp sendiri memang dirancang agar bisa dijalankan di berbagai jaringan.

Tak seperti di Instagram, fitur katalog di WhatsApp Business akan menampilkan foto dalam bentuk baris. Hanya ada satu foto dalam satu baris, disertai keterangan produk dan harga produk. Resolusi fotonya juga akan dikurasi oleh WhatsApp agar tetap tampil profesional meskipun konsumen menggunakan ponsel dengan RAM di bawah 1GB.

WhatsApp memberikan batasan maksimal 500 foto produk atau jasa bagi penjual untuk memamerkan produknya di fitur katalog. Jika batasan itu sudah terpenuhi, pengguna WhatsApp Business bisa memilih opsi menghapus foto lawas sebagai panggantinya. Fitur katalog sudah tersedia di WhatsApp Business versi Android dan iOS. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: