sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 29 Agst 2022 11:15 WIB

Cara mengatasi Gmail yang tak bisa login

Jangan panik dulu, tips berikut ini bisa pengguna terapkan untuk mengatasi masalah gagal login Gmail.

Cara mengatasi Gmail yang tak bisa login

Di era yang serba terhubung dengan internet, mempunyai akun Gmail menjadi suatu keharusan untuk setiap pengguna smartphone. Pasalnya, hampir seluruh layanan yang disediakan oleh Google akan terkoneksi dengan akun Gmail yang dimiliki oleh pengguna. 

Meski sangat dibutuhkan, tak jarang pengguna mengalami kendala ketika hendak mengakses akun Gmail yang dimiliki. Salah satu kendala yang paling sering terjadi yakni pengguna tidak bisa login ke Gmail mereka. Hal ini tentunya akan membuat aktivitas pengguna untuk bekerja hingga belajar menjadi terganggu.

Faktor yang mempengaruhi pengguna tidak bisa login Gmail sendiri ada banyak. Mungkin saja kendala tersebut terjadi karena adanya masalah pada browser, password akun yang tidak sesuai hingga kemungkinan akun Gmail tersebut telah diretas. 

Untuk mengatasi kendala tidak bisa login Gmail, terdapat beberapa metode yang dapat pengguna terapkan. Dilansir dari Android Authority (28/8), berikut ini cara yang bisa pengguna coba agar bisa login ke akun Gmail miliknya. 

1. Tutup dan buka kembali Gmail

Langkah awal yang bisa diterapkan pengguna saat login Gmail bermasalah di perangkat Android atau iOS yakni dengan menutup dan membuka kembali aplikasi surat elektronik tersebut. Hal ini juga bisa diterapkan ketika pengguna mengakses Gmail melalui browser, caranya yakni dengan menutup browser dan membuka kembali akses Gmail tersebut. 

2. Pastikan Sync Gmail hidup

Kadangkala, kendala tidak bisa login terjadi karena adanya kesalahan pengaturan di Gmail. Salah satu alasan pengguna tidak bisa login Gmail yakni sinkronisasi Gmail yang dimatikan. Oleh karena itu, pastikan sinkronisasi Sync Gmail hidup sebelum menutupnya. Caranya klik tombol titik tiga yang terdapat di pojok kiri atas Gmail > Setting > pilih akun > cari pilihan ‘Penggunaan data’ > pastikan sinkronisasi Gmail hidup.  

3. Periksa update 

Alasan lain yang menyebabkan pengguna tidak bisa login yaitu aplikasi Gmail yang terdapat di smartphone miliknya telah usang. Jadi, ada baiknya jika pengguna mengeceknya terlebih dulu di Google Play Store dan update versi Gmail yang lebih baru agar dapat login ke akun miliknya. 

4. Restart perangkat 

Kendala berikutnya yang juga bisa menyebabkan pengguna tidak bisa login Gmail yaitu adanya permasalahan pada perangkat yang digunakan. Untuk menanggulangi hal tersebut, pengguna bisa restart ulang perangkat yang digunakan lalu membuka kembali akun Gmail mereka. 

5. Reset akun Gmail

Login Gmail juga bisa bermasalah ketika pengguna salah memasukkan password ataupun alamat akun. Trik untuk mengatasi kendala tersebut yakni dengan melakukan reset akun Gmail yang mereka miliki. Pengguna dapat melakukannya dengan masuk ke halaman Google Account Recovery dan memasukkan alamat Gmail yang tidak bisa login

Apabila pengguna lupa alamat email tersebut dapat menekan tombol ‘Forget email’ dan mengikuti langkah berikutnya. Jika hanya lupa password-nya, pengguna bisa memilih reset password akun Google dan klik ‘Forgot password’ serta mengisinya dengan password baru agar Gmail bisa digunakan lagi. 

6. Periksa koneksi internet

Jika pengguna gagal memasuki akun Gmail miliknya, sebaiknya jangan langsung panik. Coba periksa dulu koneksi internet yang digunakan dan pastikan koneksinya benar-benar stabil. Meski terbilang cukup sederhana, kadang koneksi internet bisa menjadi penyebab utama pengguna gagal login Gmail. 

7. Bersihkan cache 

Cache juga bisa jadi penyebab pengguna tidak bisa login Gmail. Biasanya hal ini terjadi karena data yang menjadi cache sudah terlalu banyak sehingga perangkat tidak bisa memproses login. Oleh karena itu, pengguna bisa menghapus cache dan cookies di browser atau aplikasi Gmail agar bisa mengakses akun Gmail miliknya. 

8. Ganti browser

Terakhir, ketika pengguna kesulitan login Gmail melalui browser yang ada di smartphone ataupun desktop, tips yang bisa dilakukan yakni mencoba mengaksesnya dengan browser lain. Contohnya saja, pengguna bisa mengakses Gmail melalui Mozilla Firefox saat tidak bisa mengaksesnya lewat Google Chrome.

Share
×
tekid
back to top