sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 09 Agst 2022 12:21 WIB

Cara atur jadwal tidur di perangkat iOS

Alih-alih menyalakan alarm yang dapat di snooze, fitur yang ada di iPhone dan iPad ini dapat melacak kebiasaan dan kualitas tidur pengguna.

Cara atur jadwal tidur di perangkat iOS

Jika pemakaian smartphone biasanya disebut dapat merusak ‘jam tidur’ penggunanya, maka sistem operasi ponsel iPhone dan iPad menawarkan sebaliknya. Kedua perangkat tersebut hadir dengan fitur yang dapat melacak kebiasaan dan kualitas tidur pengguna mereka. 

Dilansir dari The Verge (9/8), Apple memperkenalkan fitur pelacakan tidur terbaru mulai dari sistem operasi iOS 14 ke atas. Fitur ini mempunyai kemampuan untuk mengatur jadwal tidur melalui aplikasi 'Health' yang ada di iPhone maupun iPad. 

Pada aplikasi ‘Health’ yang ada di iPhone dan iPad ini, pengguna dapat mengatur rencana tidur dengan jumlah waktu tidur yang diinginkan per malamnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan target standar waktu untuk tidur dan bangun yang sesuai. 

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengatur jadwal tidur yaitu dengan menetapkan target tidur dan mengatur alarm agar berbunyi. Caranya, buka aplikasi ‘Health’ kemudian ketuk tab ‘browse’ yang ada di kanan bawah, pilih opsi 'Tidur' dan ketuk tombol ‘Mulai’. Lalu tetapkan seberapa lama waktu tidur yang diinginkan untuk setiap malam. 

Berikutnya, pengguna dapat mengatur jadwal waktu tidur dan bangun sesuai dengan yang diinginkan. Melalui target tidur yang telah ditetapkan sebelumnya, fitur yang ada di sistem operasi iOS 14 ke atas ini akan memberitahu kualitas tidur pengguna. 

Lebih lanjut, dengan mengatur jadwal tidur, pengguna juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan alarm dan menyesuaikan suara serta umpan balik haptic. Apabila pengguna juga memakai perangkat Apple Watch, alarm ini akan menyala pada smartwatch dan bukan melalui iPhone atau iPad. 

Selain fitur pelacakan tidur yang ada di aplikasi ‘Health’, Apple juga menghadirkan ‘Mode Tidur’ yang sejalan dengan fitur tersebut. Ketika mode ini diaktifkan, maka layar kunci akan disederhanakan sesuai dengan waktu tidur yang telah diatur oleh pengguna. 
 

Share
×
tekid
back to top