sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
Sabtu, 09 Mei 2020 08:20 WIB

Cara aktifkan kontrol suara di Android

Berikut cara mengaktifkan kontrol suara di smartphone Android dengan 2 cara yang berbeda, yaitu melalui Google dan Voice Access.

Cara aktifkan kontrol suara di Android
Source: Voice Tech

Ada berbagai macam alasan kenapa Anda perlu menggunakan kontrol suara atau voice controls pada perangkat Android Anda. Mungkin saat Anda sedang mengendarai kendaraan dan tangan harus fokus pada setir, atau ketika tangan mengalami tremor dan sulit untuk menggunakan layar sentuh.

Dalam beberapa kasus, smartphone ataupun tablet Android menawarkan fitur voice controls yang membuat navigasi pada perangkat lebih mudah dengan cara yang berbeda. Nah, berikut ini merupakan adalah langkah untuk mengaktifkan voice controls pada Android dengan dua cara yang berbeda, yaitu menggunakan fitur aplikasi Google dan Voice Access.

Cara mengaktifkan voice controls menggunakan aplikasi Google

1. Instal aplikasi Google, tapi kebanyakan ponsel Android sudah membawa Google sebagai aplikasi default. Jadi, Anda hanya tinggal membukanya

2. Lalu, klik titik tiga yang ada di pojok kanan bawah

3. Pilih menu Settings dan pilih Voice

3. Tekan Voice Match dan aktifkan Hey Google dengan membuat tombolnya beralih ke kanan

4. Setelah itu, Google akan membawa Anda untuk melakukan konfigurasi suara.

Pengaturan voice match

Anda sekarang dapat melakukan pencarian dengan mengatakan "Hei, Google" atau "OK Google" (tergantung pada perangkat Anda) diikuti dengan perintah. Misalnya, "OK Google, buka Instagram."

Cara mengaktifkan voice controls menggunakan aplikasi Voice Access

Cara kedua, Anda bisa menggunakan aplikasi Voice Access. Ini akan memungkinkan Anda menavigasi menu ponsel dan lebih banyak aplikasi dengan kontrol suara. Agar fungsinya bekerja dengan optimal, pastikan untuk mengunduh aplikasi Voice Access dari Play Store. Setelah diinstal, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.Buka pengaturan aplikasi di ponsel Anda. Bukan pengaturan di dalam aplikasi Voice Access.

2. Pilih menu Accessibility

3. Gulir ke bawah dan ketuk Voice Access pada kolom Services. Lalu di halaman berikutnya, Anda dapat mengaktifkan fitur ini.

Pengaturan voice access

 

Sama dengan aplikasi Google, Voice Access juga akan menerima perintah dengan panggilan “Hey, Google” atau “Ok, Google.” Bedanya, saat Anda dalam panggilan telepon, apa pun di layar yang dapat Anda interaksikan akan muncul nomor di sebelahnya. Anda dapat mengatakan nomor mana yang ingin Anda "ketuk" pada bagian layar itu dengan suara Anda dan setelah itu dapat mengaksesnya.

 

Tampilan voice access

Share
×
img
×
tekid
back to top