sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Sabtu, 11 Mar 2023 06:04 WIB

Snapdragon 8 Gen 3 punya konfigurasi CPU 1+5+2

Sebuah laporan baru mengklaim bahwa Qualcomm menambah jumlah inti kinerja dan mengorbankan inti efisiensi.

Snapdragon 8 Gen 3 punya konfigurasi CPU 1+5+2

Snapdragon 8 Gen 2 adalah chipset terbaru dan terhebat dari Qualcomm. Namun, rumor baru sudah muncul mengenai Snapdragon 8 Gen 3. Sebuah laporan baru telah mengungkapkan konfigurasi CPU dari chipset unggulan yang akan datang ini.

Laporan awal mengklaim bahwa Qualcomm akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 3 dengan tata letak CPU yang sama dengan SoC Snapdragon 8 Gen 2, yaitu susunan 1+4+3. Namun, sebuah laporan baru mengklaim bahwa perusahaan itu menambah jumlah inti kinerja dan mengorbankan inti efisiensi dengan konfigurasi 1+5+2 yang baru. Dilansir dari Gizmochina (11/3), Snapdragon 8 Gen 3 diperkirakan bakal menampilkan satu inti Cortex X4 yang akan memiliki kecepatan clock 3,2 GHz.

Laporan sebelumnya mengklaim bahwa prosesor itu bahkan bisa mencapai setinggi 3,75GHz. Di sisi lain, lima inti Cortex A720 akan bekerja pada 3.0GHz dan dua inti Cortex A520 memiliki frekuensi 2.0GHz. Selain pengaturan CPU dan kecepatan clock, bocoran tersebut juga menambahkan bahwa chipset Snapdragon 8 Gen 3 juga akan hadir dengan dukungan penyimpanan internal UFS 4.1, memori LPDDR5 dengan 7.500 MT/s, GPU Adreno 750, dan modem Qualcomm X75 5G.

Sesuai bocoran terbaru, prosesor Snapdragon 8 Gen 3 akan diproduksi di node proses N4P TSMC. Ini berarti bahwa tiga generasi chip flagship Qualcomm masih dalam versi yang sedikit ditingkatkan dari node TSMC N5 yang sama. Meskipun demikian, perusahaan mungkin dapat sepenuhnya memindahkan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 ke proses 3nm baik dari Samsung atau TSMC, atau terus menggunakan proses N4P.

Share
×
tekid
back to top