sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 10 Okt 2022 16:58 WIB

Apple bakal rilis iPhone SE 4, usung layar LCD 6,1 inci dan notch

Apple dirumorkan bakal membawa perubahan desain mayor pada ponsel iPhone SE 4 yang akan rilis beberapa waktu mendatang.

Apple bakal rilis iPhone SE 4, usung layar LCD 6,1 inci dan notch

Apple telah meluncurkan jajaran ponsel dari lini seri iPhone 14 pada September lalu. Pasca perilisan tersebut, perusahaan asal Cupertino itu diprediksi tengah bersiap untuk memperkenalkan ponsel iPhone SE generasi terbaru. 

Analis Display Supply Chain Consultants (DSCC), Ross Young kini telah mengungkap sejumlah detail terkait iPhone SE 4. Berbicara kepada MacRumors (10/10), Young menyebut, iPhone SE generasi keempat ini akan mengusung layar LCD berukuran 5,7 inci hingga 6,1 inci. 

Layar iPhone SE 4 juga akan menampilkan desain full-screen dengan notch (takik) pada bagian atas. Hal ini mengindikasikan, perangkat iPhone SE 4 bakal mengusung desain yang mirip iPhone XR.  

Situs Tiongkok MyDrivers dan pembocor Jon Prosser percaya, iPhone SE akan pindah ke desain seperti iPhone XR. Sementara itu, Ming-Chi Kuo melaporkan, Apple sedang mengerjakan iPhone SE dengan layar LCD yang menyerupai iPhone XR yakni berukuran 6,1 inci. Klaim terbaru Young tampaknya menguatkan laporan lain ini dan membantu memperkuat gambaran yang lebih jelas dari desain iPhone SE generasi berikutnya.

Lebih lanjut, Apple juga diprediksi akan menghadirkan sistem notifikasi Dynamic Island pada iPhone SE 4. Berdasarkan laporan Ross Young, fitur Dynamic Island akan disematkan pada notch dengan beberapa adaptasi tambahan. 

Menurut MacRumors, prediksi terkait hadirnya Dynamic Island pada iPhone SE 4 terlihat cukup masuk akal. Pasalnya, Apple diketahui tengah mengeksplorasi banyak cara untuk melakukan ekspansi Dynamic Island untuk seluruh jajaran iPhone mulai tahun 2024 mendatang. 

Laporan dari Ross Young ini tidak mengungkap mengenai sistem keamanan perangkat yang akan dibawa iPhone SE 4. Namun, beberapa rumor sebelumnya menunjukkan, iPhone SE generasi berikutnya masih akan memakai teknologi Touch ID. 

Apple akan mengadopsi teknologi Touch ID di bawah layar untuk perangkat iPhone SE 4. Analis Ming-Chi Kuo mengatakan, Touch ID yang bakal disematkan pada iPhone SE generasi baru ini tidak akan disematkan pada tombol home, melainkan berada di tombol power seperti pada iPad Air dan iPad Mini. 

Sayangnya, ukuran notch (takik) untuk perangkat iPhone SE 4 sampai saat ini masih belum diketahui. Namun, diperkirakan bakal lebih sempit dibanding iPhone XR karena perangkat ini tidak akan membawa fitur keamanan Face ID.  

Detail lain dari iPhone SE 4 juga belum diungkapkan secara jelas oleh sejumlah pembocor tersebut. Tidak ada informasi pasti yang menunjukkan perangkat ini akan dirilis tahun depan atau tahun 2024 mendatang. 
 

Share
×
tekid
back to top