Bill Gates menyesal membiarkan Google luncurkan Android

Bill Gates mengatakan, salah satu penyesalan yang hingga saat ini dia masih sesali adalah membiarkan Google meluncurkan Android.

Bill Gates menyesal membiarkan Google luncurkan Android Bill Gates (World Economic Forum)

Bill Gates merupakan sosok yang berhasil membawa Microsoft menjadi salah satu perusahaan paling sukses dan bergengsi di kancah internasional. Banyak orang yang mengatakan selama kehidupannya, dia sangat jarang membuat kesalahan karir. Namun, beberapa waktu lalu dia mengaku ada satu hal yang hingga saat ini menjadi sebuah penyesalan bagi dirinya.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Village Global, dia mengatakan bahwa salah satu kesalahan yang masih ia sesali adalah memberi Google kesempatan untuk meluncurkan platform Android.


BACA JUGA

Pemerintah Jerman larang pelajar gunakan Office 365

Microsoft sisipkan iklan di ponsel Android 

Microsoft siapkan konsol Xbox khusus untuk streaming gim


“Membahas dunia perangkat lunak, khususnya untuk platform (sistem operasi), adalah sebuah pasar, di mana pemenang dapat mengambil semuanya,” kata Gates, seperti dikutip dari laman Independent (24/6).

"Kesalahan terbesar yang pernah terjadi (untuk saya) adalah tidak dapat membuat Microsoft seperti Android. Android adalah platform mobile standar, untuk perangkat non-Apple. Itu seharusnya hal yang wajar bagi Microsoft untuk menang (dari Apple).”

Gates menambahkan, Google benar-benar menjadi pemenang melalui Android. Hal ini dikarenakan saat ini, Android merupakan platform mobile yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Meskipun hal ini menjadi sebuah kesalahan, pendiri Microsoft tersebut mengatakan perusahaan ini masih ‘sangat kuat’. Tapi, jika mereka dapat mengatasi hal ini di awal, maka Microsoft akan menjadi ‘perusahaan paling terkemuka’, bukan ‘perusahaan terkemuka biasa’.

Salah satu orang terkaya di dunia itu, sebelumnya mengatakan bahwa dia telah melakukan banyak pengorbanan, terkait keseimbangan pekerjaan dengan hidupnya. Dia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memikirkan libur di hari libur atau di akhir pekan. 

Sejak itu, Gates sedikit mengendurkan pola pikirnya. Pria berusia 63 tahun tersebut mengungkapkan bahwa begitu dia mencapai usia 30-an, dia bahkan tidak bisa membayangkan bagaimana dia dapat hidup dengan pola kehidupan seperti itu. 

"Karena pada saat itu, beberapa perilaku alami muncul, dan saya menyukai akhir pekan," katanya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: