Berikut aplikasi berbahaya yang harus dihindari

Inilah aplikasi-aplikasi berbahaya yang harus dihindari dan langkah agar terhindar dari aplikasi berbahaya tersebut.

Berikut aplikasi berbahaya yang harus dihindari Source: Unsplash

Baru-baru ini terdapat laporan bahwa beberapa aplikasi populer di Google Play Store telah mengumpulkan dan menyimpan data pengguna aktif tanpa enkripsi atau izin. Diklaim aplikasi tersebut dikembangkan oleh perusahaan asal Cina, yang kemungkinan akan membagi data tersebut dengan pemerintahan Cina.

Dilansir dari Life Hacker (19/4), Setiap aplikasi tersebut meminta terlalu banyak izin aplikasi, termasuk izin berbahaya. Misalnya data lokasi, akses ke sensor perangkat, atau informasi kontak pribadi.


BACA JUGA

Begini cara menggunakan FaceApp

Ribuan aplikasi Android akses lokasi pengguna tanpa izin

Developer aplikasi iOS raup pendapatan lebih besar dari Android


Berikut aplikasi-aplikasi yang diklaim menyimpan data penggunanya tanpa izin.

  • Selfie Camera
  • Total Cleaner
  • Smart Cooler
  • RAM Master
  • AIO Flashlight
  • Omni Cleaner
  • WaWaYaYa
  • Emoji Flashlight
  • Samsung TV Remote Control (via Peel Technologies, Inc.)

Bila Anda ingin terhindar dari aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut, sebaiknya Anda gunakan aplikasi anti-virus terpercaya untuk memindai aplikasi dan file sebelum Anda menginstalnya. Anda juga bisa melihat dahulu ulasan pada aplikasi dan perhatikan apa saja permintaan dalam ulasan tersebut sebelum mengunduhnya. Selain itu, jangan mengunduh aplikasi dengan jumlah izin sangat banyak atau tidak masuk akal. Pasalnya aplikasi AIO Flashlight meminta izin total sebanyak 31 kali.

Selanjutnya Anda bisa melakukan meninjau pada kebijakan keamanan aplikasi atau developer aplikasi tersebut. Jika kebijakan tersebut tampak lemah, maka sebaiknya jangan mengunduh aplikasi tersebut. Sebaiknya Anda juga tidak mengunduh aplikasi dari developer yang tidak dikenal. Oh iya, Anda juga harus berhati-hati saat mengunduh file APK dari sumber tidak resmi.

Meski telah melakukan semua yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda juga masih harus berhati-hati pada aplikasi berbahaya. Pasalnya seperti aplikasi Selfie Camera, telah mendapatkan peringkat bintang 4,5 di Google Play Store dan memiliki lebih dari 50 juta unduhan.

Namun, aplikasi ini meminta 50 kali izin dan kebijakan privasinya disembunyikan pada blog yang tidak terkait. Tentunya ini menjadi satu contoh mengapa aplikasi pihak ketiga dari developer yang belum dipercayai perlu diteliti terlebih dahulu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: