Begini cara gunakan fitur Tukar Tambah di Tokopedia

Banyak pengguna yang tidak tahu ingin dikemanakan smartphone lawasnya karena layanan penjualan tukar tambah konvensional kurang praktis dan tidak tersedia setiap hari.

Begini cara gunakan fitur Tukar Tambah di Tokopedia

Hari ini (18/7), Tokopedia secara resmi mengenalkan fitur Tukar Tambah. Salah satu market place terbesar di Indonesia tersebut menyebutkan gagasan dari fitur ini dikarenakan oleh semakin meningkatnya ekonomi di Indonesia yang berujung pada membesarnya daya beli masyarakat.

Selain itu, mereka juga melihat animo tinggi dari masyarakat terhadap fitur Tukar Tambah dengan tercatatnya jutaan kunjungan pada fitur ini selama bulan April ketika masih dalam tahap uji coba.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Rahasia membidik penonton YouTube yang tepat

Remarketing: membuat email marketing yang “dibaca”

Rahasia iklan mobile Harbolnas 2017


Fitur ini baru dapat diakses lewat aplikasi Tokopedia dan merupakan fitur tukar tambah online pertama di Indonesia. Saat ini smartphone adalah salah satu produk yang banyak diminati oleh hampir selluruh orang. Jika ada smartphone baru, tidak sedikit orang yang ingin membelinya agar memiliki performa lebih lancar dibandingkan smartphone lawasnya.

Lebih lanjut Tokopedia menyatakan fitur Tukar Tambah untuk saat ini baru tersedia di area Jabodetabek. Seiring berjalannya waktu, mereka akan berusaha merambah ke area yang lebih besar lagi agar dapat melayani masyarakat luas.

Banyak pengguna  yang tidak tahu harus diapakan smartphone lawasnya karena layanan penjualan tukar tambah konvensional kurang praktis dan tidak tersedia setiap hari. Meskipun sedang ada di suatu lokasi, pasti kegiatan tukar tambah tersebut akan dipadati banyak orang.

“Tokopedia sebagai perusahaan berbasis teknologi meresmikan fitur Tukar Tambah secara online agar proses tukar tambah menjadi lebih mudah. Ini adalah fitur pertama yang dapat dilakukan secara online di Indonesia dengan bermitra bersama Laku6 dan Erajaya,” kata Head of Category Browse & Content, Cynthia Limin.

Laku6 sendiri adalah penyedia layanan Tukar Tambah terbesar di Indonesia. Tokopedia bekerja sama dengan seluruh penjual utama ritel smartphone yang memungkinkannya untuk memberikan kemampuan bagi pelanggan saat membeli smartphone baru dengan menukarkan smartphone lawas mereka. Laku6 menyediakan platform berupa alat diagnostik, analisa harga dan layanan logistik untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dan operator ritel.

Di tengah-tengah acara, Category Development Lead Tokopedia, Fransiscus Leo, sempat menjabarkan cara melakukan proses tukar tambah di aplikasi. Kamu dapat menjual ponsel lama dan mendapatkan potongan harga untuk pembelian ponsel baru yang dapat dilakukan kapan saja. Pertama adalah mencari banner bertuliskan Tukar Tambah di sisi paling atas. Kemudian cari produk berlogo khusus agar dapat melakukan ke proses selanjutnya.

Setelah menekan tombol Tukah Tambah di bagian bawah produk ponsel yang diinginkan, Tokopedia secara otomatis akan mendeteksi model ponsel kamu dan menawarkan rentang harga untuk ponsel tersebut. Karena masih ada rentang harga, maka harga penawaran akhir ditentukan setelah melakukan hasil test fitur hardware smartphone.

Setelah masuk ke dalam menu pengujian hardware, maka aplikasi Tokopedia akan mengajak kamu untuk mengakses beberapa fungsi seperti sensor akselerometer, sensor giroskop, layar sentuh, dan sebagainya. Selain uji coba fungsi, Tokopedia juga mewajibkan kamu untuk memotret ponsel yang akan ditukar tambah. Tidak lupa pula kamu harus memasukkan IMEI ponsel.

Leo menjelaskan saat memotret foto disarankan untuk melepas casing dan bodi ponsel dibersihkan dahulu agar nilai harga yang ditawarkan bisa tinggi. Setelah nilai harga akhir keluar, jika harga ponsel yang akan kamu tukar dihargai 4 juta, maka harga smartphone ingin kamu beli akan dikurangi dengan harga tersebut.

Lebih lanjut, smartphone baru yang sudah dibeli akan diantarkan langsung ke pengguna oleh kurir baik di kantor ataupun di rumah. Kamu dapat menentukan tempat sesuka kamu untuk barang diantarkan. Setelahnya, kurir akan mengecek nomor IMEI yang didaftarkan dengan perangkat lawas kamu yang ingin ditawarkan. Selesai deh.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: