sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Senin, 03 Okt 2022 08:04 WIB

Awas! 9 Aplikasi di App Store ini berisi spam iklan

Meski Apple telah berupaya untuk melindungi pengguna dari aplikasi berbahaya, peneliti keamanan menemukan adanya 9 aplikasi adware yang berada di App Store.

Awas! 9 Aplikasi di App Store ini berisi spam iklan

Apple dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang berkomitmen dalam perlindungan privasi dan keamanan pengguna mereka. Upaya yang dilakukan raksasa teknologi ini salah satunya dengan menghadirkan sistem khusus ke dalam toko aplikasi App Store. 

App Store diklaim mempunyai kemampuan untuk menangkal berbagai aplikasi berbahaya yang berisi malware, adware hingga scam. Namun, kini Apple tampaknya harus lebih meningkatkan perlindungan yang terdapat di layanan toko aplikasi milik mereka. 

Hal ini dikarenakan munculnya sebuah laporan terbaru yang mengatakan adanya aplikasi adware yang masuk ke dalam sistem layanan toko aplikasi App Store. Dilansir dari MacRumors (2/10), aplikasi ini ditemukan oleh tim keamanan HUMAN’s Satori Threat Intelligence. 

Perlu diketahui, aplikasi adware sendiri merupakan aplikasi yang dirancang untuk menghasilkan pendapatan dengan meniru aplikasi yang telah resmi. Aplikasi adware ini akan menampilkan banyak iklan (spam) kepada pengguna perangkat iPhone. 

Berdasarkan penemuan dari peneliti keamanan tersebut, aplikasi seluler yang terdapat di App Store ini merupakan bagian dari kampanye penipuan iklan yang disebut ‘Scylla’. Para peneliti menyebut, ini merupakan gelombang ketiga dari operasi penipuan yang terdapat di aplikasi seluler. 

Operasi kampanye penipuan iklan di aplikasi seluler dilaporkan pertama kali terjadi pada Agustus 2019 lalu. Kala itu, Apple juga menyatakan diri untuk memerangi keberadaan operasi spam iklan di aplikasi seluler. 

Lebih lanjut, Apple dilaporkan telah menghapus 9 aplikasi berisi adware yang ditemukan oleh peneliti keamanan HUMAN’s Satori Threat Intelligence dari App Store. Meski demikian, pengguna yang telah mengunduh aplikasi ini disarankan untuk segera menghapusnya dari perangkat iPhone yang dimiliki. 

Nah, berikut ini 9 aplikasi berisi adware yang ditemukan di toko aplikasi App Store: 
1.    Loot the Castle 
2.    Run Bridge
3.    Shinning Gun
4.    Racing Legend 3D
5.    Rope Runner
6.    Wood Sculptor
7.    Fire-Wall
8.    Ninja Critical Hit
9.    Tony Runs

Sementara itu, di perangkat Android ditemukan lebih dari 70 aplikasi adware pada layanan toko aplikasi Google Play Store. Meskipun masih ada aplikasi yang lolos, MacRumors menyebut, proses peninjauan pada layanan toko aplikasi App Store tampaknya dapat mengurangi keparahan masalah yang ada. 

Kendati bukan hal yang berbahaya, aplikasi adware harus diperhatikan oleh pengguna iPhone karena dapat mengganggu mereka ketika menikmati sebuah aplikasi. Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk menghindari pemasangan aplikasi dari pengembang yang mencurigakan. 

Terakhir, untuk mengidentifikasi aplikasi adware, peneliti keamanan menyarankan pengguna smartphone agar lebih memperhatikan penggunaan daya baterai serta data internet. Pasalnya, aplikasi adware mengonsumsi lebih banyak daya baterai dan data internet jika dibandingkan dengan aplikasi resmi.

Share
×
tekid
back to top