sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Rabu, 04 Des 2019 10:05 WIB

Amazon tawarkan jasa komputasi kuantum berbasis cloud

Saat ini Amazon baru mengundang beberapa perusahaan terbatas saja untuk dapat mencoba layanan komputasi kuantum berbasis cloud.

Amazon tawarkan jasa komputasi kuantum berbasis cloud

Amazon tampaknya ingin mengikuti langkah Intel, IBM, dan beberapa perusahaan lain untuk menawarkan layanan komputer kuantum. Baru-baru ini, mereka mengumumkan kesiapan mereka untuk menyewakan komputasi kuantum berbasis cloud.

Amazon menyebut pada saat ini, layanan penyewaan komputer kuantum ini masih dalam tahap pratinjau. Mereka pun memberikan waktu bagi perusahaan lain untuk mengeksplor kemampuan dari sistem tersebut.

Para perusahaan juga akan memiliki akses ke perangkat keras komputasi kuantum tahap awal yang berbeda, termasuk D-Wave Systems Inc., IonQ Inc., dan Rigetti Computing. Namun, saat ini hanya beberapa perusahaan saja yang mendapatkan undangan terbatas untuk mencoba sistem tersebut.

"Pelanggan meminta cara untuk bereksperimen dengan komputer kuantum dan mengeksplorasi potensi teknologi," kata wakil presiden senior di AWS, Charlie Bell seperti dikutip dari laman Wall Street Journal (4/12/2019).

Salah satu perusahaan yang tertarik untuk menggunakan komputer kuantum Amazon ini adalah Boeing Co. Mereka ingin berkolaborasi dengan Amazon untuk mengeksplorasi aplikasi potensial untuk komputasi kuantum, termasuk bagaimana teknologi tersebut berpotensi mempercepat penelitian bahan-sains dan bagaimana hal itu dapat mengamankan komunikasi.

Komputasi kuantum juga dapat bermanfaat bagi perusahaan transportasi dan logistik, termasuk Amazon, kata wakil presiden teknologi di AWS, Bill Vass. Teknologi ini dapat membantu menemukan rute yang lebih efisien untuk mendapatkan pengiriman dari satu tempat ke tempat lain sambil menghindari lalu lintas.

"Komputasi kuantum memiliki potensi untuk menyelesaikan beberapa masalah rumit yang sulit dilakukan dengan algoritma saat ini pada komputer yang ada," katanya.

Dia menolak untuk mengungkapkan berapa banyak AWS berinvestasi dalam teknologi. Tetapi mengingat teknologi komputer kuantum adalah teknologi baru, mereka pasti telah menggelontorkan dana yang tak sedikit.

Share
×
tekid
back to top