Ada bus tanpa sopir di gelaran Asian Games 2018

Telkomsel meghadirkan bus tanpa sopir untuk mendemonstrasikan teknologi 5G di Indonesia sepanjang Asian Games 2018

Ada bus tanpa sopir di gelaran Asian Games 2018

Telkomsel meresmikan fasilitas "Telkomsel 5G Experience Center" di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Fasilitas itu hadir diantara berbagai fasilitas lainnya yang melengkapi gelaran Asian Games 2018.

Didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, serta Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, fasilitas Telkomsel itu kini bisa digunakan oleh pengunjung yang bertandang ke GBK. Di Telkomsel 5G Experience Center, pengunjung bisa memperoleh gambaran dan pengalaman bagaimana jaringan 5G mengakomodir kehidupan di masa mendatang.


BACA JUGA

XL Axiata dan Telkomsel catat kenaikan trafik saat Pemilu 2019

Indosat Ooredoo bangun laboratorium digital di 10 kampus

Jaringan 4G XL Axiata di Kepulauan Anambas rampung akhir Maret ini


"Telkomsel secara resmi membuka 5G Experience Center. Selain menjadi sponsor di Asian Games, kami mendukung berbagai hal seperti men-support jaringan di berbagai titik. Kita menyiapkan Experience Center untuk membawa 5G di negeri ini, meski masih demo. Fasilitas ini disiapkan untuk masyarakat agar merasakan 5G nantinya seperti apa," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah dalam sambutan peluncuran 5G Experience Center di Jakarta (15/8).

Dibangun pada frekuensi 28GHz, jaringan 5G yang disebarkan Telkomsel ini didukung oleh Telkom, Huawei, Korea Telecom serta teknologi besutan Samsung. Berbagai fasilitas yang disediakan di 5G Experience Center Telkomsel terbagi dalam beberapa zona meliputi Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022, Beat the Robot serta Future Driving.

Satu fasilitas menarik yang digadang-gadang hadir berkat dukungan 5G adalah Autonomous Electric Vehicle dalam bentuk mini bus otonom yang disediakan Telkomsel. Bus tanpa sopir itu bisa dicoba oleh pengunjung, khususnya bagi pengguna Telkomsel.

"Yang ikonik, satu mini bus yang bisa digunakan tanpa sopir. Akan kita buka selama Asian Games berlangsung," ujar Ririek.

Dalam kesempatan yang sama, Rudiantara menegaskan bahwa 5G yang saat ini melengkapi Asian Games merupakan uji coba. Jaringan 5G sendiri menurutnya akan cocok untuk memulai debutnya di bidang industri, sebelum dirasakan langsung oleh pengguja biasa. 

Terkait implementasi secara menyeluruh di Indonesia, menteri yang akrab disapa Chief RA itu menuturkan masih diperlukan roadmap serta model bisnis yang tepat. "5G itu teknologi yang baru, sekarang belum ada bisnis modelnya," ujarnya.

Telkomsel 5G Experience Center sendiri akan dibuka untuk publik selama Asian Games 2018 berlangsung sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. Pengunjung bisa menggunakan bus Transjakarta yang tersedia di shelter bus GBK untuk menuju Telkomsel 5G Experience Center.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: