sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Senin, 26 Sep 2022 08:11 WIB

4 Teknologi ini setop beroperasi di tahun 2022

Alih-alih mendapatkan fitur baru, sejumlah produk teknologi ini dinyatakan telah berhenti beroperasi di tahun 2022.

4 Teknologi ini setop beroperasi di tahun 2022
Ilustrasi: Internet Explorer

Di era digital seperti saat ini, tentunya platform serta produk yang berhubungan dengan teknologi menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh pengguna. Pasalnya, saat ini hampir seluruh masyarakat memerlukan gadget dan sistem yang mendukung untuk melakukan aktivitas harian mereka. 

Meski begitu, ternyata di tahun 2022 ini ada sejumlah platform internet serta produk teknologi yang justru diberhentikan oleh perusahaan mereka. Nah, berikut ini beberapa daftar teknologi yang telah ketinggalan zaman dan berhenti beroperasi di tahun 2022. 

1. Internet Explorer

Internet Explorer merupakan browser besutan Microsoft yang pertama kali dirilis pada 16 Agustus 1995. Pada masa kejayaannya, peramban web ini pernah menguasai hingga 95 persen pangsa pasar browser di seluruh dunia. 

Meski menghadirkan sejumlah pembaruan, sayangnya pertumbuhan pengguna Internet Explorer semakin merosot dari tahun ke tahun. Hal ini ditenggarai hadirnya sejumlah peramban web dengan teknologi yang lebih baru. Dengan kata lain, Internet Explorer dianggap telah kalah bersaing dalam pasar browser sekarang. 

Setelah 27 tahun bertahan, browser tersebut akhirnya dimatikan oleh pihak Microsoft pada 15 Juni 2022 kemarin. Sebagai gantinya, Microsoft mengajak pengguna Internet Explorer untuk pindah ke browser terbaru besutan mereka yakni Microsoft Edge

2. YouTube Go

YouTube Go merupakan aplikasi turunan dari YouTube yang dirilis Google pada tahun 2016 lalu. Aplikasi ini ditujukan untuk orang-orang dengan konektivitas internet terbatas karena wilayah maupun perangkat yang kurang mumpuni. 

Setelah enam tahun menemani penggunanya, pihak Google akhirnya resmi memberhentikan layanan aplikasi YouTube Go pada Agustus 2022 lalu. Perusahaan sebelumnya telah memberitahukan rencana untuk menonaktifkan aplikasi itu pada Mei 2022 dan menganjurkan pengguna YouTube Go untuk beralih ke aplikasi utama YouTube

3. iPod

Selanjutnya, ada produk teknologi dari Apple yang turut dimatikan keberadaannya di tahun 2022 ini. Produk yang dipensiunkan Apple yaitu iPod, sebuah perangkat pemutar musik yang dilengkapi dengan layar sentuh. 

Dalam pengumuman yang dirilis perusahaan, perangkat iPod Touch hanya akan tersedia selama persediaan masih ada. iPod Touch sendiri merupakan generasi terakhir dari jajaran iPod yang pernah diluncurkan oleh Apple hingga saat ini. Dengan kata lain, pensiunnya iPod Touch dari pasaran sekaligus menandai akhir dari merek iPod. 

Apple pertama kali memperkenalkan iPod ke pasaran pada Oktober 2001 lalu dan terus meluncurkan generasi baru dari perangkat tersebut. Sejauh ini, terdapat sejumlah model seperti iPod Shuffle, iPod Nano, iPod Classic dan iPod Touch. 

Sayangnya, setelah 21 tahun keberadaannya, iPod resmi diberhentikan oleh Apple pada Mei 2022. Alasannya, teknologi tersebut dinilai telah ketinggalan zaman. Menurut Apple, pengguna kini bisa menikmati musik melalui sejumlah produk lain seperti iPhone, Apple Watch hingga Apple TV. 

4. Samsung Panel LCD

Terakhir, produk yang juga berhenti diproduksi pada tahun 2022 yaitu panel LCD dari Samsung. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini menyatakan, produksi panel LCD Samsung resmi dihentikan pada Juni 2022. 

Meski menjadi salah satu pemasok panel LCD terbesar di dunia, Samsung Display diketahui telah berencana menarik diri dari bisnis LCD sejak 2020. Namun, karena kebutuhan perangkat elektronik melonjak selama pandemi Covid-19, Samsung Display akhirnya mempertahankan produksi panel LCD untuk sementara waktu. 

Alasan Samsung menghentikan produksi panel LCD salah satunya yaitu karena ketatnya persaingan bisnis di pasar tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian dari bisnis produksi layar LCD mereka. Sebagai gantinya, perusahaan ini akan fokus pada pembuatan panel OLED dan Quantum-dot (QD).

Itulah sejumlah teknologi yang terpaksa dihentikan pengoperasiannya pada tahun 2022. Dari keempat daftar produk dan aplikasi tersebut, ada yang pernah kamu gunakan?

Share
×
tekid
back to top