4 fitur yang patut ditunggu dari Android 10 Q

Keempat fitur ini mungkin bukan fitur yang banyak orang inginkan. Namun, tetap saja keempat fitur ini patut untuk ditunggu dari pembaruan Android 10 Q.

4 fitur yang patut ditunggu dari Android 10 Q Ilustrasi Android Q

Google dikabarkan akan segera menggulirkan pembaruan Android Q ke seluruh perangkat Google Pixel. Mulai dari Pixel dan Pixel XL original, Pixel 2 dan Pixel 2 XL, hingga Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, serta Pixel 3a XL akan mendapatkan pembaruan tersebut.

Pihak Google pun membawa banyak pembaruan di OS generasi ke-10 tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas empat fitur yang layak untuk ditunggu oleh para pengguna smartphone di seluruh dunia.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

22% foto di ponsel Android adalah foto enggak penting

Android 10 Go rilis, tawarkan fitur-fitur baru

Android Q bakal bisa deteksi jika kabel USB terlalu panas


Yang pertama ada Dark Theme. Selama ini, para pengguna smartphone Android menantikan Google untuk membawa mode ini ke perangkat mereka. Hal ini dikarenakan, mode tersebut lebih nyaman digunakan pada malam hari.

Sebenarnya, di beberapa aplikasi bawaan Google, seperti YouTube contohnya, fitur tersebut sudah tersedia. Namun, baru di Android Q ini perusahaan yang awalnya fokus sebagai perusahaan mesin pencari tersebut mengaplikasikan fitur tersebut secara keseluruhan.

Fitur yang kedua adalah fitur pembaruan keamanan sistem melalui Google Play Store. Fitur ini bisa dibilang salah satu fitur terbaik yang ada di Android 10 hingga saat ini, selain kehadiran Dark Theme.

Hal ini dikarenakan selama ini, pengguna harus masuk ke pengaturan sistem untuk mengecek apakah ada pembaruan keamanan atau tidak. Jika semua disatukan dalam Play Store, maka pengguna akan lebih mudah dalam melakukan pelacakan pembaruan sistem mereka.

Kontrol terhadap privasi jadi peningkatan yang bisa dibilang paling patut ditunggu. Hal ini dikarenakan dengan munculnya pengaturan ini, pengguna dapat mengatur sendiri tingkat keamanan yang mereka inginkan.

Yang terakhir adalah kehadiran ikon yang baru. Meski sepele, namun ikon yang ada di Android Q menurut saya jauh lebih enak dipandang jika dibandingkan dengan Android Pie. Meski ini merupakan preferensi pengguna, namun adanya ikon baru merupakan penyegaran yang patut untuk ditunggu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: