Review

SoundMagic ES20BT: Komposisi suaranya kurang sreg di telinga

SoundMagic mungkin masih asing di telinga banyak orang. Namun sudah ada beberapa serinya yang mendarat di Indonesia. Nah, bagaimana kualitas earphone bluetooth ES20BT dari SoundMagic ini?

SoundMagic ES20BT: Komposisi suaranya kurang sreg di telinga Source: Patardo/Tek.id

Keperluan mendengarkan musik menjadi salah satu kebutuhan yang tidak terpisahkan. Hampir semua orang membutuhkan musik, paling tidak sebagai teman di perjalanan, atau sekadar mengisi kekosongan.

Terlepas dari motif di baliknya, kalau mau nyaman mendengarkan musik melalui perangkat portabel pasti butuh perangkat berupa earphone. Hal inilah yang menjadi komponen penting yang menentukan kenyamanan kala mendengarkan musik. Bagaimanapun juga, earphone yang bagus akan meningkatkan membuat musik terasa lebih menyenangkan.

Kebetulan, saya berkesempatan untuk menjajal earphone SoundMagic ES20BT. Ini merupakan earphone terbaru dari Soundmagic. Melihat keterangan di kemasannya, earphone ini dikatakan punya dentuman bass yang powerful. Tapi bagaimana kesan saya setelah menggunakannya? Simak ulasannya berikut ini!

Desain

Begitu mengetahui SoundMagic ES20BT adalah bluetooth earphone, saya merasa tenang. Pasalnya saya tidak mesti repot dengan kabel panjang yang kadang-kadang bisa melintir. Apalagi saya cukup teledor saat bergerak menggunakan earphone. Kabelnya sering nyangkut di tangan saya.

Di dalam kotaknya, terdapat satu unit earphone, kabel untuk charging, sebuah pouch yang dapat digunakan untuk menyimpan earphone ini, buku manual dan tujuh pasang earbud cadangan dengan berbagai ukuran dan karakteristik.

Seperti earphone SoundMagic lainnya, seluruh earbud cadangan itu dicampur menjadi satu. Entah apa alasan SoundMagic masih melakukan hal tersebut. Bisa jadi, untuk mengakomodir ruang di dalam kotak, karena earbud-nya ada banyak, atau sekadar supaya harganya lebih terjangkau. Untungnya, earbud yang sudah terpasang di earphone itu pas dengan ukuran telinga saya. Jadi tak perlu repot untuk memilah cadangannya.

Beralih ke perangkat earphone-nya, satu hal yang saya suka dari earphone ini adalah bentuk driver-nya yang menyesuaikan telinga saya. Desainnya agak miring agar mampu memenuhi telinga saya dengan baik. Bentuknya disesuaikan antara kiri dan kanan, jadi tidak mungkin terbalik ketika hendak menggunakannya. Kalau pun terbalik, pasti akan tidak nyaman.

Rancang bangunnya juga kokoh. Driver SoundMagic ES20BT ini berbahan metal. Kesan kokoh terpancar kuat ketika saya memegangnya. Kesan itu makin kentara ketika digabungkan dengan kabel penghubung keduanya, yang meskipun tipis, ternyata cukup dapat diandalkan.

Di dekat driver sebelah kanan, ada sebuah kotak multi fungsi. Dari sini, saya dapat menyalakan earphone ini, mengatur volume, berpindah ke musik selanjutnya. Tak hanya itu, di bagian ini juga tertanam mikrofon dan baterai.

Sebetulnya saya agak mengernyitkan dahi ketika sampai ke bagian kontroler ini. Desainnya terlalu bongsor, bebannya pun cukup berat kalau mau dibandingkan keseluruhan earphone-nya. Desain yang sebelumnya ergonomis, jadi rusak ketika sampai ke bagian ini.

Benar saja, ketika saya gunakan, bobot kotak kontrol ini cukup mengganggu. Kotak ini terus menarik kabel ke arah kanan.

Untungnya, ada sebuah penjepit yang dapat diatur posisinya. Maksudnya untuk mematenkan posisi earphone, agar kotak kontroler ini tidak menarik kabel driver sebelah kiri. Saya sih bisa menjepitnya ke bagian kerah baju saya. Hasilnya cukup memuaskan.

Tombol-tombol di kotak kontroler itu agak sulit diidentifikasi. Memang dibuat sedikit bertekstur, tapi kurang terasa. Namun kalau sudah terbiasa, hal ini tidak menjadi masalah.

Secara keseluruhan, saya menyukai desain SoundMagic ES20BT yang kokoh. Penggunaan bahan metal menjadi satu nilai plus yang patut diapresiasi dari earphone ini. Kabelnya juga terkesan kokoh. Kalau ukuran alat pengontrolnya bisa diperkecil lagi, saya rasa dari sisi desain, SoundMagic ES20BT akan sempurna.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: