sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
Rabu, 24 Feb 2021 14:45 WIB

Review Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K, solusi CCTV rumahan

Selain menawarkan fitur perekaman 2K, Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K menawarkan cukup banyak fitur yang dapat digunakan di berbagai skenario.

Review Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K, solusi CCTV rumahan

Xiaomi pada awal 2021 ini sudah memperkenalkan jajaran AIoT terbaru mereka. Beberapa perangkat telah diperkenalkan, termasuk Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K di mana dapat dipakai untuk solusi keamanan sehingga memberikan rasa aman untuk para penggunanya.

Menang, saat ini sebagian besar dari kita bekerja dari rumah. Hal ini menyebabkan banyak orang yang berpikir mereka tidak membutuhkan perangkat tersebut. Padahal ada banyak kegunaan lain dari perangkat ini selain untuk membuat rasa aman kepada para penggunanya.

Tapi, sebelum membahas hal tersebut, kami akan membahas beberapa hal yang unik dari kamera ini. Yang pertama adalah kemampuan merekam video di resolusi 2K. Kenapa hal ini menarik?

Soalnya, saat ini di pasaran, kamera pengawas rumah kebanyakan memiliki kemampuan untuk merekam di resolusi HD saja, dan beberapa sisanya menggunakan resolusi FHD. Jadi, dengan hadirnya kemampuan merekam resolusi 2K, kita akan mendapatkan hasil perekaman yang lebih baik.

Hal ini sangat berguna soalnya saat WFH, kita biasanya akan mencari tempat kerja yang nyaman di rumah. Kamar pun menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk bekerja secara nyaman.

Salah satu kebiasaan yang terjadi saat bekerja dari rumah adalah meningkatnya kebiasaan untuk membeli sesuatu. Baik membeli barang dari eCommerce atau membeli makanan menggunakan aplikasi ojol.

Nah, saat fokus bekerja, kita biasanya seringkali lupa kalau kita memesan barang atau makanan dan minuman. Jadilah kita tak sadar jika ternyata ada kurir atau ojol di depan rumah untuk mengantar pesanan kita.

Di Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K ini memiliki fitur AI yang dapat mendeteksi orang ataupun gerakan. Nah, kalau kalian menempatkan perangkat ini menghadap ke bagian depan rumah, dengan mudah perangkat ini mendeteksi adanya kurir atau ojol yang datang.

Selain itu, dikarenakan terhubung dengan jaringan WiFi, Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K ini akan secara otomatis memberikan notifikasi di smartphone kalian lho. Hal ini membuat kita dapat mengetahui ada orang di depan rumah kita.

Tak ketinggalan nih, ada juga fitur penyimpanan video pendek sepanjang 9 detik saat Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K mendeteksi adanya orang atau gerakan. Ini juga cukup berguna misalnya saat ada barang yang datang, tapi kita merasa tak mengambil barang tersebut.

Nah, dengan fitur ini, kita dapat melihat kejadian yang terekam melalui perangkat ini. Kalian pun dapat memutar klip pendek ini hingga tujuh hari kebelakang, sebelum pada akhirnya dihapus secara otomatis oleh perangkat tersebut.

Tak ketinggalan, ada juga fitur penyimpanan video melalui microSD card. Xiaomi hanya mendukung dua kapasitas saja, yakni 16GB dan 32GB. Dan kami mencoba untuk menggunakan kapasitas 32GB.

Ternyata, saat merekam video di resolusi 2K, kalian akan mendapatkan waktu penyimpanan selama 3 hari tanpa terputus. Dan jika kalian memilih untuk merekam di resolusi yang lebih rendah, kalian dapat menyimpan video hingga 7 hari.

Selain itu, saya juga menggunakan Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K ini untuk memantau kedua hewan peliharaan saya. Apa lagi, salah satunya saat ini sedang hamil. Ini memudahkan saya untuk memantau pergerakannya.

Apa lagi, di perangkat ini terdapat fitur penangkapan video dengan cahaya rendah. Saya dapat melihat dengan jelas kemana kucing saya pergi saat malam. Oh iya, selain itu ada juga fitur IR, dimana perangkat ini dapat melihat meski dalam keadaan yang benar-benar gelap.

Tak ketinggalan, di Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K ini tak hanya memiliki microphone saja. Melainkan terdapat sebuah speaker yang cukup lantang. Jadi, saya dapat memanggil kedua hewan peliharaan saya melalui perangkat tersebut.

Semua hal ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan aplikasi Mi Home saja. Jadi, setelah terpasang dan login, kalian dapat mengontrol Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K secara total melalui jaringan internet.

Satu hal lagi. Dikarenakan menggunakan daya 5V, perangkat ini juga tak hanya dapat ditenagai melalui charger smartphone standar saja lho. Saya juga mencoba menggunakan powerbank 10.000mAH dan perangkat ini mampu menyala selama 24 jam non stop.

Tapi, ada beberapa hal yang rasanya kurang dari perangkat ini. Yang pertama adalah tidak adanya dukungan WiFI 5GHz, sehingga kekuatan jaringannya kurang kuat. Dan yang kedua adalah tidak adanya dukungan tracking, sehingga saat ada gerakan kamera ini tidak berputar secara otomatis. 

Tapi bisa dimaklumi lah karena hrga Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K sangat terjangkau, yakni di kisaran Rp500 ribu-an saja. Jadi, sudah jelas ya selain dapat mengamankan rumah kalian, Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K juga memiliki fungsi lain yang tak kalah banyaknya.

75
Xiaomi Mi 360 Home Security Camera 2K
 
Keunggulan
  • Murah
  • Punya fitur AI
  • Merekam di resolusi 2K
 
Kekurangan
  • Tidak ada dukungan WiFi 5GHz
  • Tidak ada fitur tracking
  • Hanya mendukung memory 16GB dan 32GB

 

Share
×
tekid
back to top