sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 27 Jan 2022 13:45 WIB

Review WD Blue SN570, kencang terjangkau

Dihargai tak sampai Rp2 juta untuk varian 1TB, WD Blue SN570 bisa menjadi pilihan SSD kencang terjangkau bagi gamer dan konten kreator dengan budget terbatas.

Review WD Blue SN570, kencang terjangkau

Pada akhir 2021 kemarin, Western Digital secara resmi memperkenalkan jajaran SSD terbaru mereka, yakni WD Blue SN570 NVMe. Ini merupakan jajaran SSD M.2 NVMe terjangkau bagi gamer atau konten kreator yang memiliki budget terbatas.

Kebetulan, tim Tek.id beruntung untuk mencicipi SSD yang satu ini. Kami mendapatkan varian berukuran 1TB. Secara fisik, SSD ini tidak memiliki desain yang jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni SN550.

Tapi, yang membuat kami agak sedikit kecewa adalah WD masih belum memberikan pendingin di SSD ini. Tapi, kami memaklumi hal ini, karena mereka memang menekan harga untuk varian SSD ini.

Meski demikian, WD mengatakan bahwa mereka membawa beberapa pembaruan yang membedakan kedua seri ini. Mereka mengatakan bahwa SSD generasi terbaru ini memiliki beberapa peningkatan.

WD mengatakan bahwa SN570 menggunakan memory flash BiCS5 112L dari TLC. Ini merupakan peningkatan dari SN550 yang menggunakan memory flash BiCS5 96L dari produsen yang sama.

SSD ini diklaim menggunakan kontroler baru, yang sayangnya tidak diungkapkan oleh WD. Tapi, dengan dukungan kontroler dan memory flash baru, kecepatan puncak dari SSD ini dapat mencapai 3,5 GBps.

Jika dibandingkan dengan SN550, peningkatannya mencapai 40 persen. Ini merupakan sebuah peningkatan yang cukup tinggi. Meski demikian, untuk menghemat biaya, mereka masih menggunakan interface PCIe gen 3.0 x4 serta NVMe 1.4.

Tapi, yang menarik adalah mereka memberikan rating daya tahan masa tulis hingga 600 terabyte untuk kapasitas 1TB. Tak ketinggalan, mereka juga memberikan garansi yang cukup panjang, yakni hingga 5 tahun.

Dan untuk kalian yang penasaran dengan performa SSD ini, berikut ini hasil pengujian yang telah kami lakukan.

 

 

Seperti yang dapat kalian lihat, kecepatan dari WD Blue SN570 NVMe ini sesuai dengan yang dijanjikan WD. Kecepatan read sekuensialnya mencapai 3,5Gbps, namun di beberapa pengujian justru melebihi rating mereka sendiri.

Sedangkan untuk write, kecepatan sekuensialnya mencapai 2,98Gbps, yang juga merupakan angka yang cukup menjanjikan. Jadi, menurut kami SSD ini memang cocok untuk gamer dan konten kreator.

Untuk harga sendiri, WD Blue SN570 NVMe 256GB memiliki harga di kisaran Rp700 ribu. Untuk ukuran 500GB ada di kisaran Rp1 juta-an. Dan untuk ukuran 1TB seperti yang kami ulas kali ini memiliki harga Rp1,9 juta-an. Gimana, cukup murah bukan?

Nah, bagaimana sahabat Tek? Aapakah kalian tertarik untuk membeli SSD yang satu ini? Kalau tertarik, kalian bisa menngecek harga dan ketersediannya di sini ya!

80
WD Blue SN570 SSD NVMe
 
Keunggulan
  • Harga terjangkau
  • Performa tinggi
  • Tersedia banyak pilihan varian
 
Kekurangan
  • Masih menggunakan desain lama
  • Tidak memiliki pendingin
  •  

 

Share
×
tekid
back to top