sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
Selasa, 20 Okt 2020 13:45 WIB

Review OPPO Enco W51, jempol untuk fitur dan audionya

OPPO Enco W51 menjadi salah satu TWS yang menawarkan kualitas suara yang cukup baik serta dukungan fitur Noise Cancellation di kisaran Rp1 jutaan.

Review OPPO Enco W51, jempol untuk fitur dan audionya

Tren perangkat audio atau lebih dikenal dengan sebutan TWS sudah sangat ramai. Tidak hanya produsen audio ternama, vendor smartphone juga tidak mau kalah mengenalkan produk-produknya. Baru-baru ini OPPO baru saja mengenalkan varian terbaru TWS sebagai tambahan lini Enco yakni W51.

Mengedepankan fitur Noise Cancellation, seperti apa kemampuan varian baru TWS milik OPPO ini?

Mungil dan ringan

OPPO Enco W51 hadir dengan desain charging pod yang tidak begitu berbeda dari TWS kebanyakan. Ukurannya cukup mungil, jadi mudah untuk dibawa di saku celana atau digenggam. Tidak banyak hiasan pada permukaannya, hanya ada logo OPPO dan port USB type-C beserta indikator.

Ukuran charging pod Enco W51

Enco W51 menggunakan desain dengan mekanisme yang sama seperti yang digunakan seri Enco Free W31. Bedanya, charging pod Enco W51 tampil lebih mengotak, sementara Enco Free W31 membulat.

Untuk membukanya, kalian harus mencari lekukan yang posisinya bersebrangan dengan port pengisi daya. Di dalam charging pod, kalian dapat melihat indikator status daya serta sebuah tombol yang berfungsi untuk menunjukkan status daya serta pairing dengan perangkat lain.

Bentuk headphone Enco W51 juga masih menggunakan DNA dari Enco Free W31, bisa dibilang identik. Housing-nya berbentuk oval yang menyerupai cekungan liang telinga. Ujungnya menggunakan eartips berbahan silikon yang sejatinya dapat meredam suara secara pasif dengan efektif.

Jika diperhatikan pada kedua sisi housing, ada sebuah lubang kecil. Menurut klaim OPPO, disitulah tempat mikrofon selain dua lainnya yang diletakkan di sisi bawah stem.

Microphone yang bertugas untuk mendeteksi suara-suara di sekitar

Bukan tanpa tujuan, mikrofon yang diletakkan pada housing ini merupakan mikrofon yang disiapkan untuk menghasilkan fitur Noise Reduction menggunakan chip pintar yang memiliki fungsi mendeteksi suara-suara dari luar. Mikrofon ini akan mengirimkan sinyal ke chip untuk mengoptimalkan fitur reduksi suara sesuai dengan jargon OPPO Enco W51 True Wireless Headphones, Noise off. World on.

Enak dipakai. Kontrol sentuh dan tahan air

Proses pairing-nya pun sangat mudah. Saat pertama kali cover dibuka, Enco W51 secara otomatis langsung masuk dalam mode pairing. Kalian hanya perlu menghubungkannya dengan smartphone. Caranya, aktifkan Bluetooth, cari perangkat yang tersedia, pilih Enco W51, dan tunggu sampai smartphone terhubung dengan Enco W51. 

Proses pairing Enco W51

Untuk pairing dengan perangkat lainnya juga cukup mudah dan sebagian besar prosesnya sama. Pertama, tekan tombol di dalam cover selama beberapa detik sampai indikatornya berkedip-kedip. Kemudian cari Enco W51 dari perangkat yang hendak dihubungkan. Pilih Enco W51 dan tunggu sampai perangkat baru dan Enco W51 terhubung.

Ketika sudah terhubung, kalian dapat melihat status daya baterai di kedua headphone. Untuk melihat menu lainnya, ketuk tombol informasi yang ditandai dengan ikon huruf ‘i’. Disini ada beberapa informasi yang menampilkan bahwa Enco W51 mendukung penggilan suara, media, share kontak, AAC audio dan fungsi sentuhan pada masing-masing earbud.

Karena ukurannya yang cukup mungil dan desainnya yang mengikuti bentuk anatomi telinga, proses memakai Enco W51 jadi mudah. Hanya dengan meletakannya ke lubang telinga dan sedikit menekannya ke dalam, maka Enco W51 sudah duduk dengan mantap di telinga. Pengalaman memakainya juga cukup nyaman. Tidak ada sudut tajam yang dapat menyakiti lubang telinga dan membuat pengalaman memakainya jadi kurang nyaman.

Memiliki fitur kontrol sentuh tentunya akan membuat pengalaman mendengarkan musik jadi lebih seru tanpa harus repot-repot mengaksesnya dari smartphone. Untuk melewati lagu, kalian bisa mengetuk dua kali headphone di telinga kanan, sementara untuk mengaktifkan atau mematikan fitur Noise Cancellation kalian bisa mengetuk dua kali headphone di telinga kiri. Kalian juga bisa mengaktifkan Google Assistant dengan mengetuk tiga kali headphone kanan atau kiri.

Saat ini TWS Enco W51 baru mendukung empat jenis sentuhan saja, dua kali dan tiga kali sentuh untuk masing-masing sisi. Dimana kontrol untuk sentuhan tiga kali hanya eksklusif untuk mengaktifkan Google Assistant. Sementara untuk kontrol dua kali, kalian memiliki pilihan yang lebih beragam seperti None, Noise Cancellation on/off, Play/Pause, Previous, Next dan juga Google Assistant. Ketika dilepas, headphone ini secara otomatis akan menghentikan lagu atau film yang sedang diputar.

Menu kontrol Enco W51

OPPO Enco W51 sudah dibekali dengan sertifikasi IP54. Itu artinya TWS Enco W51 ini tahan debu dan percikan air, sehingga TWS ini aman dipakai untuk menemani kalian beraktivitas di luar ruang atau dipakai berolahraga.

Meski begitu, kalian tidak dianjurkan menggunakan perangkat dengan sertifikasi IP54 seperti Enco W51 ini untuk melakukan olahraga berat yang menghasilkan keringat berlebih. Hal ini untuk menghindari adanya kemungkinan ada resapan keringat ke bagian dalam headphone.

Suaranya enak. Treeble dan bass seimbang.

Awal kali mendengarkan musik menggunakan Enco W51, karakter suara yang dihasilkan cenderung didominasi oleh nuansa bass. Untuk yang gemar musik dengan porsi bass cukup banyak, rasanya Enco W51 sudah cocok untuk kalian. Apalagi bass-nya cukup empuk di rentang volume tinggi atau rendah.

Menariknya, setelah beberapa hari pemakaian ada perubahan karakter suara dari Enco W51. Jika awalnya karakter vokal agak terendam, perubahan suara justru membuat karakter vokal jadi lebih terbuka. Perubahan ini saya rasakan ketika Adam Levine mulai menyanyikan Memories. Karakter suara Adam yang tinggi bisa disuguhkan dengan cukup baik, bahkan ketika ia menyanyikan nada rendah sekalipun.

Saya juga bisa menikmati musik-musik favorit saya seperti Slipknot, Disturbed, Limp Bizkit, Linkin Park, berkat suguhan suara yang cukup seimbang, baik dari performa treeble maupun bass-nya.

Selain enak untuk mendengarkan musik-musik favorit, OPPO Enco W51 ternyata juga nyaman untuk menemani nonton drakor atau film-film keluaran Holywood. Biasanya, saya menonton film malam hari menjelang tidur. Dengan fitur ANC saya bisa mendapatkan suasana yang lebih tenang sehingga bisa lebih merasakan suasana di dalam film. Karakter bass yang kaya dari W51 ini bisa membuat efek-efek ledakan dari pertempuran Autobot dan Decepticon jadi lebih dramatis. Ujung-ujungnya saya jadi keseringan tidur malam saking seru sendiri.

Untuk daya tahan baterainya sendiri, TWS milik OPPO ini rasanya bisa menemani aktivitas seharian. Ketika kondisi baterai terisi penuh, saya biasanya mendengarkan musik 3 jam nonstop dengan tingkat volume 50%. Di malam hari, belakangan ini saya pakai Enco W51 untuk menonton drama Korea sebanyak enam episode dengan durasi rata-rata satu jam.

Perkiraan total penggunaan sehari berkisar 9 jam lebih, dengan kondisi dimana selesai mendengarkan musik atau menonton film, headphone-nya saya taruh ke dalam charging pod. Sampai ulasan ini dibuat, baterai pada charging pod masih tersisa, bahkan saya belum mengisi ulang lagi sejak pertama kali mengisi penuh charging pod-nya

Lama-lama kok enak

Ukurannya yang mungil dan ergonomis, membuat TWS ini cocok untuk menemani segala jenis aktivitas harian pengguna. Mulai dari bersantai, di perjalanan, atau olahraga karena sudah memiliki sertifikasi IP54 untuk menemani aktivitas olahragamu. Tidak usah khawatir Enco W51 mudah terjatuh, karena desainnya sudah oke banget di telinga. Jadi aman meskipun dipakai jogging atau bersepeda.

Aspek lain yang perlu diapresiasi adalah kualitas suaranya yang makin lama makin enak. Selain itu ada pula fitur noise cancellation, kontrol sentuh, dan daya tahan baterai yang cukup baik. Semua itu bisa didapatkan hanya dengan Rp1,3 jutaan. 

75
OPPO Enco W51
 
Keunggulan
  • Noise Cancellation
  • Kualitas audio
  • Kontrol sentuh
 
Kekurangan
  • Opsi kontrol sentuh
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top