sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Rabu, 26 Mei 2021 10:30 WIB

Review Netgear Orbi RBK852, solusi mewah jaringan tri-band mesh

Dihargai kurang dari Rp10 juta, Netgear Orbi RBK852 memiliki berbagai fitur untuk mendukung internetan selama di rumah.

Review Netgear Orbi RBK852, solusi mewah jaringan tri-band mesh
Netgear

Salah satu kendala saat bekerja di rumah adalah koneksi internet. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan akses internet yang paling mudah adalah meletakkan banyak router di semua ruangan yang ada di rumah.

Tapi ini merupakan sebuah solusi yang tidak elegan dan dapat membuat kalian mengeluarkan biaya yang cukup besar. Salah satu solusi yang dapat kalian lakukan adalah dengan memasang jaringan internet dengan menggunakan mesh router di rumah kalian.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sebuah mesh router dari Netgear yang bernama Orbi RBK852. Netgear mengklaim bahwa mesh router ini memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Ada beberapa paket yang ditawarkan oleh Netgear di jajaran mesh router Orbi mereka. Di sini kami akan menggunakan paket Orbi yang memiliki satu router dan satu mesh router. Jadi, kita dapat langsung menggunakan sistem mesh tanpa harus membeli perangkat tambahan.

Desain dari Netgear Orbi ini pun cukup futuristik dan elegan. Bahkan kalau menurut kami cukup mirip dengan desain PlayStation 5 dengan sisi manisnya sendiri. Hal ini membuat Orbi RBK852 ini dapat ditempatkan dimana saja dan menjadi penghias ruangan atau meja.

Tapi, desain dari router utama dan router satelitnya sangat mirip. Untuk membedakan antara keduanya adalah dengan melihat port bagian belakang. Ini satu-satunya cara untuk membedakannya.

Ada beberapa lampu indikator di Orbi ini. Kalian dapat melihat status internet kalian melalui lampu LED ini. Saat semua baik-baik saja, maka lampu LED di bagian depannya berwarna biru atau mati, sesuai dengan preferensi pengguna.

Sedangkan saat tidak ada internet, maka LED nya akan berwarna pink keungu-unguan. Hal ini sangat cocok bagi para pengguna saat ingin melihat apakah internet di perangkat satelit terhubung ke internet atau tidak.

Untuk I/O, di router utama, kalian akan mendapatkan sebuah 2.5 Gbps WAN port dan 4 LAN Gigabit Ethernet port. Sedangkan di router satelit, kalian hanya akan melihat 4 LAN Gigabit ethernet port.

Secara spesifikasi, Orbi sudah mendukung teknologi AX6000 triband dimana terdapat WiFi 6 disamping juga memiliki dukungan WiFi 5Ghz dan WiFi 2,4Ghz. Tak ketinggalan ada juga dukungan MuMiMo dengan jangkauan hingga 400 meter persegi karena memiliki total 8 antena di dalamnya.

Untuk menghindari kepadatan WiFi, Netgear menggunakan teknologi jaringan WiFi tersendiri untuk menghubungkan router Orbi utama ke router satelitnya menggunakan jaringan WiFi 5. Jadi pengguna tidak akan merasakan lag meski terhubung menggunakan WiFi 5.

Bagaimana dengan setupnya? Setup dari Netgear Orbi ini sangatlah mudah. Tapi, sebelum mulai setup, pastikan kalian mencolokkan kabel dari router ISP kalian ke slot berwarna kuning di bagian router utama Orbi.

Selanjutnya, kalian tidak perlu mempersiapkan komputer dan laptop untuk melakukan setup. Hanya menggunakan aplikasi Orbi di smartphone saja kalian dapat melakukan setup dengan sangat mudah. Kalian bisa mengunduh aplikasinya bernama Netgear Orbi di Google Play Store atau App Store.

Dan yang paling menarik lagi, kalian dapat melakukan setup ini hanya dalam waktu kurang dari 10 menit saja, dimana sudah termasuk mengunduh firmware terbaru jika memang tersedia secara otomatis.

Selain dapat melakukan setup, kalian juga akan mendapatkan banyak fitur dukungan saat menggunakan aplikasi ini. Salah satunya adalah mengontrol router kalian dari jarak jauh.

Kalian juga dapat melihat siapa saja yang terhubung di jaringan internet kalian. Tak ketinggalan, ada juga fitur NETGEAR Armor dimana dapat melindungi perangkat kalian dari malware dan aplikasi berbahaya lainnya. Ada juga pengaturan pengecekkan internet, WiFi analytics, guest WiFi, hingga traffic meter. 

jadi kalian dapat benar-benar mengontrol perangkat Orbi kalian dengan mudah. Dan jika kalian penasaran untuk melihat router ini lebih lanjut, berikut ini video ulasan lengkapnya :

 

 

Nah kalau kalian ingin membeli Netgear Orbi RBK852, kalian bisa menebusnya dengan harga Rp9,9 juta dengan berbagai fitur keren yang ditawarkan. Tapi Netgear lagi ada promo dimana menawarkan unit ini seharga Rp6,9 juta saja dalam jangka waktu terbatas.

80
Netgear Orbi RBK852
 
Keunggulan
  • Setup gampang
  • WiFi kuat
  • Model kece
 
Kekurangan
  • Sulit membedakan antara 1 unit dengan unit lain
  •  
  •  
Tag
Share
×
tekid
back to top