sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
Selasa, 02 Nov 2021 12:30 WIB

Review NETGEAR Nighthawk AX12, terjangkau namun kaya fitur

Jika kalian mencari sebuah router gaming dengan harga yang terjangkau dan memiliki cukup banyak fitur, kalian bisa tengok NETGEAR Nighthawk AX12.

Review NETGEAR Nighthawk AX12, terjangkau namun kaya fitur

Selama beberapa tahun terakhir ini, router gaming makin marak di pasaran Indonesia. Soalnya, belakangan ini semakin banyak gamer dan streamer aktif, terutama selama masa pandemi yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir ini.

Nah, salah satu perusahaan yang menawarkan sebuah router gaming di Indonesia adalah NETGEAR. Dan salah satu produk andalan mereka adalah Nighthawk AX12, yang memiliki desain dan fitur yang cocok untuk para gamer.

Untuk desain sendiri, menurut saya, Nighthawk AX12 memiliki desain yang memang kental dengan aura gaming. Meski demikian, bentuknya tidak terlalu ekstrim seperti beberapa router gaming lain yang ada di pasaran.

Bahkan, jika kalian penggemar Star Wars atau film luar angkasa lain, router yang satu ini memiliki desain yang mirip dengan kapal ruang angkasa di film tersebut. Hal ini membuat router ini tampak menarik diletakkan di meja atau di sekitar ruang tamu.

Namun, satu hal yang harus kalian perhatikan, yakni ukurannya yang cukup besar, tidak seperti router yang disediakan oleh ISP kalian. Sementara dibandingkan dengan beberapa router gaming lain, ukurannya memang sedikit lebih bongsor.

Untuk kalian yang bingung mencari dimana antena dari Nighthawk AX12, bagian “sayap” dari router inilah yang menjadi antenanya. Meski tidak berbentuk tiang dan terlihat seperti satu bagian besar, namun terdapat total empat antena di masing-masing sisi, dimana memiliki total delapan antena di kedua sisinya.

Menariknya, “sayap” ini dapat dilipat oleh pengguna jika memang mereka memiliki tempat yang kurang luas untuk meletakkan router yang satu ini. Kalian juga tak perlu khawatir “sayap” ini akan cepat rusak karena NETGEAR menggunakan engsel berkualitas yang tahan lama.

Sementara jika berbicara mengenai spesifikasi, Nighthawk AX12 memiliki konfigurasi sambungan nirkabel sebagai berikut :

  • 802.11ax Dual-Band WiFi (AX6000)
  • 2.4GHz AX: 4x4 (Tx/Rx) 1024 QAM 20/40MHz, up to 1.2Gbps
  • 5GHz AX: 8x8 (Tx/Rx) 1024-QAM 20/40/80/160MHz, up to 4.8Gbps
  • Backwards compatible with 802.11a/b/g/n/ac WiFi

NETGEAR mengklaim, dengan hadirnya fitur OFDMA, pengguna akan mendapat keuntungan berupa kestabilan transfer data yang lebih baik meski terhubung dengan banyak perangkat sekaligus. Hal ini dikarenakan dukungan total 8-stream MU-MIMO antena yang dapat mengirimkan data hingga empat 2x2 perangkat yang terhubung dalam waktu yang sama.

Selain itu, router yang satu ini juga akan hadir dengan teknologi WiFi 6, dimana mereka menjanjikan router ini dapat memiliki kecepatan hingga 6Gbps. Hal ini cocok bagi para gamer, terutama para gamer mobile, yang membutuhkan WiFi stabil dengan kecepatan tinggi.

Dan untuk kalian yang ingin menggunakan komputer atau laptop serta ingin memiliki kecepatan dan kestabilan internet yang lebih baik, kalian bisa menggunakan salah satu dari lima port LAN yang ada di bagian belakang.

Empat diantaranya memiliki dukungan kecepatan 10/100/1000 Mbps Gigabit Ethernet serta satu port mendukung 5G/2.5G/1Gbps Multi-Gig port yang dapat dikonfigurasi pengguna. Selain itu, terdapat juga port untuk Dual Gigabit Ethernet Port Aggregation.

Selain port LAN, di bagian belakang terdapat juga dua port USB 3.0 yang memiliki beberapa fitur. Pengguna dapat menyambungkan perangkat USB atau HDD eksternal untuk berbagi data serta menggunakan modem stick untuk keadaan emergency.

Tak ketinggalan ada juga beberapa hal lain yang akan hadir di bagian belakang perangkat. Pengguna akan mendapat switch on/off untuk lampu LED di bagian atas perangkat serta tombol on/off router bersama satu power plug.

Sedangkan untuk kontroler, mereka menggunakan chipset AX optimized 64-bit Quad-core 2.2GHz, yang menjamin kelancaran streaming gim atau streaming video 4K/8K UHD. Dikarenakan chipset yang digunakan cukup kuat dan cukup menghasilkan panas, terdapat sebuah kipas pendingin untuk memastikan kestabilan selama penggunaan.

Untuk menguji router ini, kami menggunakan internet dengan kecepatan 100Mbps, dengan semua terhubung di WiFi 6. Dan berikut ini hasil pengujian kami :

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti yang dapat kalian lihat, hasil pengujian yang kami lakukan menggunakan WiFi 6, kami selalu mendapatkan kecepatan unduh dan unggah mendekati kecepatan yang ISP tawarkan. Hal ini membuat pengalaman bermain gim kami lancar tanpa ada hambatan.

Begitu juga dengan kestabilan pemancar jaringan WiFi, dimana dapat menembus objek dengan cukup baik sehingga perangkat kami dapat menangkap sinyalnya dengan baik. Dan untuk PING, dikarenakan WiFi 6 menawarkan low latency, kami mendapatkan ping hampir mendekati sempurna.

Sementara untuk pengujian LAN, kami mendapatkan kecepatan maksimum di semua port yang tersedia. Jadi, klaim mereka untuk menawarkan kecepatan LAN hingga 1000Mbps mungkin saja bisa terjadi.

Lantas, berapa harga yang ditawarkan oleh NETGEAR untuk Nighthawk AX12? Setelah kami cek di beberapa ecommerce, mereka menawarkan router gaming yang satu ini dengan harga Rp6.999.000 saja. Tentu saja, ini merupakan salah satu router gaming yang cukup oke di Indonesia.

Jadi dengan harga yang ditawarkan, kita sudah akan mendapatkan sebuah router yang mendukung WiFi 6 serta berbagai fitur lainnya. Bagaimana, tertarik untuk membeli router yang satu ini?

80
NETGEAR Nighthawk AX12
 
Keunggulan
  • Koneksi baik
  • Kaya fitur
  •  
 
Kekurangan
  • Ukuran cukup besar
  •  
  •  

 

Tag
Share
×
tekid
back to top