sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
Rabu, 14 Apr 2021 10:05 WIB

Mi Router 4C, Rp200 ribuan bisa bikin internet stabil

Dihargai Rp200 ribuan, Mi Router 4C dari Xiaomi memiliki kinerja yang lebih baik jika dibandingkan router bawaan milik beberapa ISP.

Mi Router 4C, Rp200 ribuan bisa bikin internet stabil
Xiaomi Mi Router 4C

Salah satu kendala saat bekerja dan belajar dari rumah adalah koneksi internet. Terkadang, kita sudah menggunakan layanan internet kabel berkecepatan tinggi, namun masih sering kali mendapatkan pengalaman internet yang kurang memuaskan.

Misalnya, dalam menggunakan WiFi, terkadang sinyal yang kita terima tidak maksimal bahkan saat kita berada dekat dengan router. Biasanya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Hal yang pertama adalah penggunaan router yang dipinjamkan oleh ISP, yang umumnya tidak menawarkan perangkat dengan spesifikasi dan kualitas router yang baik. Praktik ini lumrah terjadi untuk menghemat dana perusahaan untuk perangkat keras. Ada pula masalah yang umum ditemui adalah dikarenakan terlalu banyak pengguna yang menggunakan router dengan spesifikasi sejenis yang akhirnya membuat polusi sinyal.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membeli router baru. Tapi, banyak orang yang takut untuk membeli router tambahan dikarenakan harganya yang mahal. Untungnya, Xiaomi punya satu router yang tak bakal menguras kantong kalian.

Xiaomi menawarkan sebuah router bernama Mi Router 4C yang memiliki harga di kisaran Rp200 ribuan. Tentu saja, ini merupakan sebuah penawaran yang cukup menggiurkan. Lalu, bagaimana dengan performanya?

Tim Tek.id sudah melakukan beberapa percobaan menggunakan router ini. Kami membandingkan Mi Router 4C ini dengan salah satu penyedia ISP, yang merupakan ISP paling banyak digunakan di Indonesia. Berikut ini perbandingan antara kedua router tersebut :

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam pengujian tersebut, kita dapat melihat adanya peningkatan bukan hanya kekuatan sinyal, namun adanya peningkatan kecepatan internet. Selain itu, PING yang kita dapatkan lebih kecil dan stabil, sehingga dapat memberikan pengalaman streaming atau bermain gim yang lebih stabil.

Hal ini dikarenakan Mi Router 4C hadir dengan total empat antena WiFi. Dengan hadirnya satu tambahan antena WiFi akan membuat pengiriman sinyal yang lebih baik dan juga lebih stabil untuk para penggunanya.

Xiaomi Mi Router 4C

Tak ketinggalan, desain dari router ini terkesan sangat minimalis dan elegan. Hal ini membuat pengguna dapat meletakkan router ini di ruang keluarga atau ruang utama tanpa harus merusak pemandangan. Tapi perlu diperhatikan karena warnanya yang putih membuat router ini lebih gampang kotor jika tidak sering dibersihkan.

Xiaomi Mi Router 4C

Jika pengguna memerlukan port LAN, di bagian belakang dari router ini juga terdapat total 2 port LAN untuk digunakan yang berwarna hitam. Untuk yang berwarna biru harus dihubungkan ke router bawaan ISP.

Xiaomi Mi Router 4C

Proses instalasi dari router ini pun terbilang sangat simpel. Pengguna bahkan dapat menggunakan smartphone mereka untuk melakukan setup yang hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Namun, bukan berarti Mi Router 4C ini tidak memiliki kekurangan. Beberapa hal yang mengganjal adalah absennya dukungan WiFi 5, meskipun masih kami anggap wajar dikarenakan harganya yang cukup murah.

Bagi para gamer tampaknya router ini bukan pilihan yang tepat. Meski terdapat peningkatan kualitas PING jika dibandingkan dengan modem bawaan ISP, namun tetap PING yang dihasilkan cukup tinggi untuk dapat bermain gim dengan nyaman.

Tak ketinggalan, bagi kalian pengguna ISP dengan kecepatan tinggi, router ini mungkin tak akan dapat memaksimalkan kecepatan internet yang kalian miliki. Tapi, router ini bisa jadi salah satu pilihan jika kalian berencana untuk memasangnya di kamar anak untuk kebutuhan belajar.

75
Xiaomi Mi Router 4C
 
Keunggulan
  • Murah
  • Punya 4 antena
  • Instalasi mudah
 
Kekurangan
  • Warna putih agak cepat kotor
  • Belum ada WiFi 5
  • Kurang cocok untuk gamer

 

Share
×
tekid
back to top