sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
Senin, 12 Des 2022 14:15 WIB

Review ACER Swift 3 OLED, menang di layar

ACER Swift 3 OLED menawarkan tampilan visual yang baik dengan wujud yang tergolong ringkas. Selain itu, laptop ini juga cukup bertenaga untuk mendukung aktivitas harian.

Review ACER Swift 3 OLED, menang di layar

Munculnya kebiasaan baru imbas dari pandemi membuat perangkat komputasi mobile seperti laptop menjadi perangkat yang cukup dicari. Khususnya bagi para pekerja kantoran yang masih melanjutkan skema bekerja dari rumah atau dari kafe.

Beberapa vendor pun memanfaatkan momen ini dengan mengenalkan beberapa jajaran produk baru, demi memenuhi kebutuhan pasar. Salah satu vendor yang turut mengenalkan jajaran laptop baru adalah ACER. Mereka meluncurkan beberapa varian penunjang produktivitas, termasuk ACER Swift 3 OLED yang mampir ke redaksi Tek.id.

Berikut ulasannya.

Desain

ACER Swift 3 OLED menjadi salah satu jajaran laptop berlayar OLED yang cukup menarik tahun ini. ACER masih menggunakan ukuran yang agak berbeda dengan laptop kebanyakan, di mana model Swift 3 OLED ini hadir dengan ukuran layar 14 inci dan rasio layar 16:10.

Meski tampil berbeda, laptop ini tetap dikemas apik. Chassisnya terbuat dari aluminium dengan polesan finishing metalik berwarna keemasan. Logo ACER diletakkan di tepian cover. 

Untuk dukungan konektivitasnya, laptop ini terbilang cukup lengkap. Kalian akan mendapatkan dua port USB type-C (termasuk port pengisian daya), HDMI untuk visual tambahan, dan USB A di sisi kiri. Sementara di sisi kanan ada port audio 3,5 mm dan 1 port USB A lagi.

Faktor pertama yang membuat saya suka ketika mengeluarkan laptop ini dari kotak kemasannya adalah bobotnya. Berat laptop ini hanya 1,4 kg. Ya, bobot laptop Swift 3 OLED ini tergolong ringan. Menurut saya, laptop ini cocok digunakan pengguna pria atau wanita, dan sangat nyaman untuk dibawa-bawa.

 

Layar dan Keyboard

Seperti namanya, laptop ini mengusung layar OLED 14 inci dengan resolusi 2880 x 1800 piksel, atau 2K. Layarnya didukung DisplayHDT True Black 500 yang memiliki kontras 1.000.000 : 1, juga mendukung color gamut DCI-P3 100%.  

Menatap layar OLED di Swift 3 ini menjadi pengalaman yang menyenangkan. Pasalnya, tampilan layarnya menampilkan kontras dan warna yang tajam. ACER Swft 3 OLED juga sudah mengantungi sertifikasi TUV Rheinland Eyesafe. Tak hanya nyaman dipakai menonton film berjam-jam, kalian juga bisa mengandalkan layarnya untuk mengedit foto.

Saya juga suka keyboardnya. Ukuran keycapnya terbilang pas untuk rata-rata pengguna di kawasan Asia ataupun Eropa. Pengalaman mengetiknya juga tak kalah menarik. Karakter keycap di Swift 3 OLED ini sangat ringan. Buat yang hobi mengetik naskah atau blog, kalian harus nyobain ngetik di laptop ini. Enak banget.

ACER membenamkan trackpad dengan ukuran yang cukup besar pada Swift 3 OLED ini. ACER mengklaim trackpad OceanGlass besutannya terbuat dari material yang ramah lingkungan. Permukaannya tidak terlalu licin, sehingga memberikan sentuhan yang akurat saat digunakan.

 

Gesit dan nyaman

Mengusung prosesor Intel generasi terbaru Core i7 i7-12700H dengan grafis Iris Xe. RAM 16 GB dan storage SSD berukuran 1 TB, ACER menawarkan perangkat komputasi yang cukup bertenaga.

Dengan spesifikasi yang dibawanya, ACER Swift 3 OLED tergolong cukup gesit mengerjakan tugas-tugas harian dengan intensitas ringan hingga sedang. Saya bisa mengerjakan aktivitas harian seperti mengetik, mengedit tulisan, browsing, dan menyalin data dengan cepat.

Dukungan platform Intel Evo juga membuat laptop ini bisa dinyalakan dengan cepat, memiliki efisiensi yang baik, serta bisa diisi dengan cepat.

Dari pengujian menggunakan software benchmark sintetis PCMark, pengujian ini untuk mengukur kemampuan laptop untuk mendukung penggunaan bekerja, skor yang ditorehkan Swift 3 OLED ini berkisar di angka 5400 poin. Sementara untuk pengujian kinerja prosesor menggunakan Cinebench, ACER Swift 3 OLED menorehkan skor yang cukup bersaing di kelasnya.

Saya juga mencoba menjalankan Blender, software untuk mengolah gambar 3D atau animasi, menggunakan basis demo BMW, laptop ini bisa merendernya dengan kisaran 3 - 4 menit saja. 


 

Kesimpulan

ACER Swift 3 OLED merupakan laptop yang nyaman dipakai, baik untuk kerja ataupun menikmati konten multimedia. Adapun alasannya adalah hadirnya layar OLED dengan tampilan yang mantap, membuat laptop ini cocok untuk pekerja kratif, mahasiswa, dan pekerja kantoran.

Untuk mendukung pekerjaan, saya merasa nyaman saat menggunakan ACER Swift 3 OLED ini. Selain ditenagai prosesor Intel generasi 12, dukungan WiFi 6 dan karakter keyboard yang empuk mendukung saya mendapatkan informasi, mengetik, mengedit, sembari mendengarkan lantunan musik di Spotify dengan lancar.

Laptop yang dibanderol pada kisaran Rp16 jutaan ini bisa jadi pilihan jika kamu menginginkan laptop yang stylish buat nongkrong, layar apik, enak buat kerja dan nonton, juga ringan. 

80
ACER Swift 3 OLED
 
Keunggulan
  • Layar OLED
  • Keyboard
  • Bobot
 
Kekurangan
  • Performa
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top