sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 01 Mar 2023 08:18 WIB

Intel Core i9-13900K, gak ada tandingannya!

Jika kalian ingin membuat sebuah ultimate PC, kalian bisa membeli Intel Core i9-13900K yang menawarkan performa tinggi dengan harga yang masuk akal.

Intel Core i9-13900K, gak ada tandingannya!

Merakit komputer impian memang menjadi impian bagi semua pencinta teknologi. Biasanya, mereka ingin merakit sebuah komputer yang dapat mengerjakan semua hal, termasuk bekerja, bermain, serta berkarya.

Tapi, di pasaran saat ini terlalu banyak kedatangan komponen. Dan sering kali, pengguna bingung dalam memiliki CPU yang tepat. Tapi, bagi kalian yang memiliki budget yang besar, kalian bisa melihat prosesor terbaru dari Intel, yakni Core i9-13900K.

Ya, ini merupakan CPU kasta tertinggi yang tersedia di Indonesia pada saat ini. Seperti diketahui, ada perbedaan layaknya langit dan bumi antara prosesor yang satu ini dengan pendahulunya.

Jika Core i9-12900K hadir dengan 16 core dan 24 thread (8 P-Core dan 8 E-Core), i9-13900K hadir dengan 24 core dan 32 thread. Konfigurasi yang digunakan oleh Intel adalah hadir dengan 8 P-Core dan 16 E-Core.

Memang, jika kita melihat dari jumlah P-Core -- dimana merupakan inti yang memiliki kemampuan tinggi -- antara kedua prosesor ini sama. Namun, yang menjadi pembeda adalah jumlah E-Core yang dua kali lipat lebih tinggi.

Jika kalian berpikir bahwa performa keduanya akan tidak berbeda jauh, sayangnya kalian salah. Soalnya, selain jumlah core, kecepatan dari inti tersebut akan sangat mempengaruhi performa sebuah CPU secara keseluruhan.

Seperti diketahui, kecepatan turbo maksimal P-Core dari i9-12900K adalah 5.20 GHz, sedangkan untuk E-Core nya 3.90 GHz. Tapi, i9-13900K hadir dengan kecepatan turbo maksimal P-Core i9-13900K mencapai 5.80 GHz, dengan kecepatan maksimal E-Core 4.30 GHz.

Tapi memang, untuk mencapai kecepatan turbo maksimal ini, kalian harus memiliki cooler yang sangat baik. Dan dengan pendinginan yang sangat baik, maka kalian akan dapat mencapai kecepatan tersebut.

Nah, dalam pengujian kami kali ini, komponen yang kami gunakan adalah menggunakan motherboard ASUS Prime Z790-A WiFi, dengan RAM Corsair DDR5 32GB 6000MHz, storage WD Black SN850X, dan pendingin Corsair Hydro H100. 

Kami juga menggunakan CORSAIR iCUE H150i RGB PRO XT untuk melihat seberapa tinggi prosesor ini dapat melakukan boost. Dan selama pengujian, kami cukup terkejut dengan hasil yang kami dapatkan.

Nah berikut ini hasil benchmark dari Intel Core i9-13900K:

 

 

 

 

Seperti dapat kalian lihat, performa dari i9-13900K di beberapa pengujian yang kami lakukan memiliki peningkatan performa lebih dari 25 persen. Tidak hanya di pengujian yang mengutilisasi banyak core saja, namun performa dari single core juga meningkat drastis.

Hal ini dikarenakan peningkatan kecepatan dari prosesor ini, baik di P-Core dan E-Core, dimana membuat performa single-core meningkat. Dan jumlah E-Core yang meningkat dua kali lipat membuat performa multi-core juga ikut meningkat.

Dan bagaimana dengan pengalaman gaming? Berikut ini hasil dari pengujian gaming yang telah kami lakukan:

 

 

Jika berbicara mengenai gaming, tren peningkatan performa juga terlihat. Peningkatan fps terlihat di gim open world, dimana memang mendapatkan benefit paling besar saat ada peningkatan, baik dari kecepatan prosesor serta lebih banyak jumlah core.

Setelah berbicara mengenai performa secara angka, kini kami akan berbicara performa dari i9-13900K saat menggunakan beberapa pendinginan berbeda. Kami mencoba menggunakan dua pendinginan, yakni AIO 120mm dan AIO 360mm.

Secara mengejutkan, dengan menggunakan AIO 120mm, kami mendapatkan kecepatan maksimal di 5,1GHz P-Core dan 3,9GHz E-Core saat melakukan pengujian Cinebench R23. Sedangkan saat menggunakan AIO 360mm, kami mendapatkan kecepatan maksimal di 5,4GHz P-Core dan 4,1 GHz E-Core.

Dan berbicara mengenai suhu, secara mengejutkan, rata-rata suhu antara kedua setup yang kami lakukan ada di kisaran yang sama. AIO 120mm dengan kecepatan maksimal ada di kisaran 79 derajat Celcius, sedangkan AIO 360mm dengan kecepatan maksimal ada di kisaran 78 derajat Celcius.

Kami sangat menyarankan kalian untuk menggunakan liquid cooling, baik AIO ataupun custom loop saat menggunakan prosesor ini. Dan jika kalian berencana menggunakan pendinginan udara, kami menyarankan kalian menggunakan setidaknya Noctua NH-D15, NH-D12L, NH-U12, atau merek lain yang setara.

Kesimpulan : Worth to upgrade

Menurut kami, dengan harga Rp10,2 juta-an, Intel Core i9-13900K memiliki value yang sangat baik. Bahkan, jika kalian ingin upgrade dari i9-12900K, performa yang ditawarkan pun masih worth, mengingat kalian bisa menjual prosesor lama kalian untuk menambah membeli i9-13900K.

Jadi, jika kalian ingin membuat the ultimate PC, Intel Core i9-13900K bisa menjadi pilihan kalian. Bukan hanya kencang, namun juga memiliki suhu yang cukup adem mengingat prosesor ini merupakan prosesor kelas atas.

Share
×
tekid
back to top