Review earphone

Earphone Rapoo VM120, mantap buat gamer mobile

Rapoo VM120 punya desain elegan yang dapat memberikan pengalaman gaming imersif selagi tetap memberikan suara jernih saat mendengarkan multimedia.

Bermain gim tanpa menggunakan earphone layaknya pepatah, bagaikan sayur tanpa garam. Ya, pengalaman bermain gim memang akan terasa lebih imersif dan lebih dapat menghayati permainan.

Sayang, untuk memilih earphone yang tepat memang cukup sulit. Harga dan kualitas menjadi dua hal yang paling ditekankan pengguna.


BACA JUGA

Plantronics BackBeat Go 410, teman praktis dengarkan musik

Victrola punya speaker khusus untuk penggemar kopi

Bang & Olufsen punya headphone berbasis Google Assistant


Ingin menjawab hal ini, Rapoo pun memboyong perangkat terbaru mereka, yakni VM120. katanya, earphone ini memang ditujukan bagi para gamer.

Nah, penasaran bukan bagaimana rasanya menggunakan earphone tersebut? Kalau penasaran, yuk kita simak bersama ulasan Rapoo VM120 berikut ini.

Desain mewah, gak tampak seperti earphone gaming

Berbicara mengenai peripheral gaming, rasanya yang pertama kali hinggap di benak kita adalah perangkat yang berwarna hitam dengan kombinasi warna merah atau hijau. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Rapoo.

Melalui VM120, Rapoo ingin menunjukkan bahwa menjadi gamer bisa elegan. Hal ini terlihat dari warna abu-abu di bagian kabel dan housing dari speaker yang dilapisi cat berwarna chrome.

Rapoo VM120 earphone gaming

Dalam paket penjualan, Rapoo memberikan tiga ukuran eartips, dari ukuran besar, sedang, hingga kecil. Seperti kebanyakan earphone lain, eartips yang disuguhkan pun terbuat dari karet silikon.

Meskipun cukup nyaman di telinga saya, namun setelah lebih dari dua tahun menggunakan eartips yang terbuat dari memory foam, jujur eartips yang diberikan kurang nyaman.

Bukan berarti kurang nyaman akan memberikan Anda pengalaman yang buruk. Dengan menggunakan tipe ini, suara dari luar akan sangat teredam, sehingga kita tak terganggu saat bermain gim.

Kabelnya pun cukup premium. Warnanya yang abu-abu namun transparan membuat earphone ini terasa sangat mewah.

Tapi, karena terbuat dari karet, kabel dari VM120 ini gampang sekali untuk kusut. Apalagi saat saya memasukkannya ke dalam saku celana yang kusut saat saya ingin menggunakannya kembali.

Pengalaman suara yang imersif

Meskipun tidak memiliki teknologi active noise cancelling, namun earphone ini dapat meredam suara dari luar dengan sangat baik. Wajar, saja untuk sebuah earphone degan harga yang cukup terjangkau.

Meskipun begitu, hasil suara yang dimiliki Rapoo VM120 ini sangat rapi. Pengalaman saya bermain gim pun sangat imersif. Saat bermain gim PUBG dan PUBG Mobile, suara langkah kaki musuh terasa sangat jelas datang dari arah mana saja.

Bermain gim lain seperti, Shadow of the Tomb Raider di PC, juga terasa menyenangkan. Suara gemericik air terdengar jelas. Begitu juga dengan suara gema di dalam gua, terasa begitu nyata.

Tapi, selain enak untuk diajak bermain gim, Rapoo VM120 sangat asyik untuk diajak mendengarkan musik. Oh iya, earphone ini memiliki desain open back, atau memiliki lubang di bagian belakang.

Saya pun cukup terkesan. Suara alunan musik jazz terasa lembut di telinga. Saat mendengarkan musik akustik, suara petikan senar terdengar sangat jelas. Begitu juga pada saat mendengarkan musik rock, terdengar tidak pecah.

Tapi, hal ini hanya ketika Anda memasang volume hingga 90 persen. Saat Anda memasangnya di volume 100 persen, akan terdengar sedikit pecah.

Oh iya. Saat saya menggunakan earphone ini untuk menonton film pun sangat baik. Suara ledakan, desiran tembakan, dan suara dialog terdengar sangat baik.

Soal mikrofon, kualitas suara yang dihasilkan juga cukup baik. Tapi, saya tidak menyarankan untuk menggunakan mikrofon ini untuk merekam suara saat melakukan live streaming. Lebih baik menggunakan mikrofon tersendiri untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik.

Dan terakhir, dikarenakan earphone ini hanya memiliki satu tombol kontrol saja, pada saat kita mendengarkan musik, sulit untuk mengontrolnya. Saya harus meraih smartphone setiap kali ingin berganti lagu atau menyesuaikan volume. 

Kesimpulan

Bagi Anda gamer yang memiliki budget Rp150 ribu untuk membeli earphone gaming, Rapoo VM120 merupakan salah satu pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Pengalaman yang dihasilkan selama saya bermain gim sangat imersif.

Selain itu, earphone ini sangat nyaman digunakan. Begitu juga saat digunakan untuk mendengarkan musik dan menonton film. Sayang, kelemahan dari earphone ini adalah kurangnya tombol next dan previous. Ini membuat kontrol saat mendengarkan musik cukup merepotkan.

Begitu juga dengan kabelnya yang masih berlapis karet, sehingga seringkali kabel terlilit saat masuk ke dalam kantong. Tapi, dengan harga yang terjangkau, seharusnya bukan menjadi sesuatu hal yang besar bukan?
 

 
Rapoo VM120
Bagus ...
  • Desain elegan
  • Nyaman dipakai dalam waktu lama
  • Enak dipakai gaming dan multimedia
Kurang ...
  • Kabel sering terlilit
  • Tombol kontrol kurang lengkap
  • Kualitas mikrofon biasa saja
Page rendered in 0.0674 seconds Copyright © 2017 -2019 IMM.ID. All rights reserved.
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: