Review Dell XPS 15

Dell XPS 15, laptop bertenaga buat profesional muda

Untuk para profesional muda yang membutuhkan notebook yang oke di semua lini, notebook ini rasanya bisa menjadi pilihan. Terutama buat kamu yang suka tampil low profil.

Belum lama ini Dell meluncurkan jajaran seri XPS baru. Salah satu varian XPS baru adalah Dell XPS 15 9570. Hal yang menarik adalah XPS seri baru ini tampil lebih kalem dan elegan. Sepintas mirip sekali dengan notebook keluaran Apple. Jauh dari kesan agresif.

Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Dari sejarahnya sendiri, XPS merupakan singkatan dari Xtreme Performance System. Oleh karena itu, jajaran produk XPS selalu mengusung spesifikasi yang cukup tinggi untuk memberikan performa yang solid bagi kalangan pengguna kelas berat (power user).

Namun, apakah laptopĀ ini sudah cukup premium untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian? Ikuti ulasannya berikut ini.

Struktur kokoh dengan tempurung metal

Membahas soal desain, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya laptop ini sekilas mirip sekali dengan laptopĀ keluaran Apple. Desainnya tampak elegan dengan balutan material logam di sisi atas dan bawah . Warnanya berkelir perak metalik dengan sapuan finishing doff serta logo Dell dengan aksen chrome di tengah cover.

Sementara di sisi bawah, terlihat ventilasi yang memanjang untuk sirkulasi udara. Ada juga dua dudukan berbahan karet untuk memberikan grip pada media tempat notebook diletakan, logo khas XPS berada di tengah serta dua buah ventilasi speaker yang terletak agak kedepan.

Notebook ini hadir dengan ukuran 15 inci. Bobotnya juga tergolong cukup berat. Untuk spesifikasi yang kami review ini, bobotnya mencapai 2kg. Buat kaum hawa, rasanya laptop ini akan sedikit merepotkan untuk dibawa-bawa. Kecuali kamu termasuk kaum hawa dengan postur seperti Ronda Rousey.

Menariknya, meski lebar Dell XPS seri baru ini tampil cukup ringkas. Tebalnya tidak sampai satu inci, kisarannya antara 0.45-0.66 inci. Setidaknya tidak terlalu makan tempat saat dimasukkan ke dalam ransel saat bepergian.

Lain di luar lain di dalam

Kalau tampilan luarnya berwarna perak, XPS 15 9570 justru mengaplikasikan warna dan finishing yang berbeda di sisi dalamnya. Pada panel keyboard dan bezel monitor, Dell memilih warna hitam.

Di sisi panel keyboard inilah yang menarik. Dell melapisi permukaan panel tersebut dengan lapisan carbon fiber yang terasa kesat seperti karet. Hal ini membuat palm-rest nya nyaman dan terasa mewah.

Area palm-rest XPS 15 9570 berdesain cukup luas, termasuk ukuran touch pad-nya. Sementara keyboard-nya padat ke sisi tengah atas. Jangan salah mengartikan padat, karena keyboard pada XPS ini didesain untuk pengguna raksasa. Maksud kami dengan ukuran jari yang besar dan panjang.

Mengapa kami bisa mengatakan demikian. Keyboard Dell XPS 15 9570 sekilas tampak kecil dan sangat padat. Namun sampai ketika kami mulai mengetik diatas keyboard nya, rasa-rasanya keyboard ini tidak tampangnya yang kecil.

XPS 15 9570 hadir dengan desain ringkas, tidak menggunakan model keyboard full size. Namun jarak antar satu keycap dengan keycap lainnya cukup lebar. Ukuran keycap-nya juga terbilang cukup besar. Meski begitu keycap-nya terasa ringan saat ditekan, membuat proses mengetik cukup nyaman. Namun jarak antar keycap terkadang bikin salah tekan keycap.

Tombol power terpisah dengan keyboard. Awalnya terlihat seperti tombol power pada umumnya. Namun, Dell menyematkan fitur pemindai sidik jari di dalamnya.

Tampil tipis tidak menjadi alasan untuk mengurangi dukungan port konektivitas. XPS 15 9570 justru menambahkan hal menarik di sini.

Di sisi kanan, saat diperhatikan ada sebuah tombol kecil dengan banyak rentetan lampu indikator disampingnya. Tombol ini merupakan tombol untuk mengecek daya yang masih tersisa di pada laptop XPS tanpa harus menyalakan laptop terlebih dahulu.

Masih di sisi kanan, Dell XPS memberikan sebuah port USB 3.1 Gen 1 dengan dukungan fitur pengisian daya dan sebuah slot SD Card untuk mentransfer file foto dengan cepat.

Sementara di sisi kiri, Dell XPS menyediakan port pengisian daya, USB 3.1 Gen 1 dengan dukungan fitur pengisian daya, HDMI 2.0, Thunderbolt 3 dan jack audio 3,5 mm.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: