Review Aplikasi Cumi

Cari barang untuk disewa? Coba gunakan aplikasi ini

Layanan sewa menyewa barang sudah menjadi hal yang lumrah. Namun seiring hadirnya era digital, layanan itu semakin memiliki peluang bisnis yang besar

Cari barang untuk disewa? Coba gunakan aplikasi ini (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Layanan sewa menyewa barang sudah menjadi hal yang lumrah. Namun seiring hadirnya era digital, layanan itu semakin memiliki peluang bisnis yang besar utamanya karena generasi milenial gemar menyewa barang ketimbang membelinya secara langsung.

Peluang ini juga dimanfaatkan Christian Sugiono yang dikenal sebagai publik figure, untuk menghadirkan layanan sewa menyewa online bertajuk Cumi. Dia mengaku terinspirasi dari Airbnb yang menghubungkan penyewa dengan penyedia sewa rumah untuk mengakomodasi orang-orang saat traveling.


BACA JUGA

Gebrakan TikTok sepanjang 2018 ini

Colin Kroll, pendiri Vine yang meninggal dunia 34 tahun

Tumblr hilang dari App Store


Saat diluncurkan beberapa waktu lalu, perusahaan menyebutkan telah melakukan riset dimana banyak barang yang menganggur sehingga tidak berfungsi semisal koper. Padahal banyak orang lain yang membutuhkan barang tersebut dalam jangka pendek sehingga tidak perlu membelinya secara langsung melainkan hanya perlu menyewa.

Lain halnya dengan Airbnb, Cumi menjajakan berbagai produk yang bisa disewa seperti peralatan fotografi, event atau traveling. Apa saja fitur-fitur yang ditawarkan online rental marketplace ini? Simak review selengkapnya.

Fitur Cumi

Ketika membuka aplikasi Cumi, Anda akan langsung dihadapkan dengan berbagai barang yang bisa disewa. Produk yang paling atas merupakan produk terbaru yang bisa disewa, lengkap dengan informasi biaya sewa.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika memasang aplikasi Cumi adalah melakukan registrasi dengan mencantumkan alamat email, serta nomor telepon. Anda juga harus melakukan verifikasi akun dengan menambahkan nomor rekening agar transaksi bisa segera dilakukan.

Usai tahapan itu selesai, Anda bisa melakukan berbagai transaksi pada aplikasi Cumi. Menariknya dalam aplikasi ini, Anda tak hanya bisa menjadi penyewa namun juga bisa menjadi penyedia barang sewaan atau dalam aplikasi Cumi disebut vendor.

Fitur penyewa (renter)

Sebagai penyewa, fitur explore akan tampilan utama dalam aplikasi dimana daftar produk yang bisa disewa langsung terlihat. Anda juga bisa mencari langsung barang yang Anda butuhkan dengan menuliskannya secara manual melalui fitur search. Selain itu, Cumi juga menyediakan fitur kategori yang akan memudahkan Anda mencari produk yang dibutuhkan namun dalam lingkup yang lebih luas. Misalnya kategori otomotif, buku, gadget dan elektronik, mainan dan gim serta musik dan audio.

Untuk melakukan transaksi peyewaan, Anda hanya perlu memilih barang yang diinginkan kemudian menentukan tanggal pinjam. Klik "Pinjam Sekarang" kemudian Cumi akan mengkalkukasikan biaya sewa selama durasi tersebut. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari vendor untuk memproses transaksi.

Sebagai catatan, jika Anda hanya ingin sekedar mencoba sebaiknya tidak langsung mengklik opsi Pinjam karena Cumi akan secara langsung memproses transaksi tanpa memberikan konfirmasi sebelumnya sebagaimana aplikasi e-commerce.

Harga yang dicantumkan dalam aplikasi merupakan harga yang ditentukan oleh sang vendor, sehingga penyewa tak perlu lagi memikirkan biaya lainnya. Terkait pengiriman atau pengambilan barang sewaan, penyewa akan berhubungan langsung dengan vendor. Saat melakukan pertemuan, penyewa juga akan dimintai berkas yang diperlukan guna menjaga keamanan barang yang disewa.

Sementara itu, uang yang digunakan untuk memproses transaksi akan berada di pihak Cumi hingga masa peminjaman selesai. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan penyewa dari vendor yang melanggar aturan Cumi. Jika Anda merasa puas atau sebaliknya, Anda bisa memberikan review bagi vendor agar pengguna lain memiliki gambaran sebelum melakukan penyewaan pada vendor yang sama.

Di Cumi Anda juga bisa mencari barang disesuaikan dengan lokasi yang Anda inginkan. Misalnya ketika Anda berencana berlibur di Bali dan berniat menyewa barang di wilayah tersebut, Anda hanya perlu menyesuaikan lokasi pada fitur pencarian atau kategori dalam menu Cumi. Tersedia pula fitur near by untuk mendeteksi ketersediaaan barang di lokasi terdekat dari Anda dengan jarak maksimal 15 km.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan tampilan daftar barang yang muncul dari hasil pencarian mulai dari harga termurah atau barang terbaru. Fitur lainnya di Cumi yaitu "Activity" yang akan merangkum aktivitas peminjaman Anda, serta menampilkan notifikasi terkait penyewaan.

Ada juga fitur deposit yaitu dompet digital dalam layanan Cumi. Fitur ini akan membantu Anda untuk menyewa barang yang membutuhkan uang jaminan seperti penyewaan layanan dokumentasi foto dan video.

Untuk fitur pembayaran, saat ini Cumi menerima pembayaran melalui transfer bank. Kedepannya Christian menyebutkan akan terus mengembangkan Cumi agar bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

Fitur vendor

Dengan memilih opsi "Switch to Vendor" pada profil di Cumi, Anda akan seketika beralih menjadi vendor. Dalam opsi ini, tampilan utama yang muncul adalah barang yang Anda jajakan di Cumi. Dengan mudah, Anda bisa menambahkan barang sewaan melalui tombol "+" yang tersedia.

Untuk menambahkan barang, Anda harus menyertakan nama item, deskripsi, kategori, alamat, harga penentuan deposit jika diperlukan, serta kuantitas barang yang bisa disewa. Sebelum mempublikasikannya ke feed Cumi, Anda bisa melihat preview untuk memastikan informasi yang dibutuhkan penyewa lengkap.

Cumi sendiri mengutamakan kualitas tampilan pada feed, sehingga produk yang ditampilkan harus hasil jepretan sendiri bukan hasil unduhan di internet. Selain meningkatkan kualitas tampilan, ini juga akan mempermudah penyewa melihat kondisi barang yang disewakan. Jika komponen unggahan barang belum terpenuhi semua, Anda bisa menyimpannya terlebih dahulu sebagai draft.

Sebagai vendor, And ajuga bisa menambahkan harga spesial. Ini akan menjadi nilai lebih bagi konsumen yang mencari potongan harga. Ada juga fitur "Inquiry" yang akan membantu Anda memonitor barang sewaan serta riwayat transaksi yang pernah dilakukan di Cumi. Dengan mudah Anda juga akan menerima notifikasi ketika ada penyewa yang berniat menyewa barang yang Anda sewakan melalui fitur "Activity".

Berbagai barang bisa diunggah dan disewakan dalam platform Cumi tanpa batasan secara gratis. Namun tentunya, Cumi tak akan mengizinkan barang-barang yang bermuatan pornografi, senjata atau yang berkaitan dengan narkoba beredar dalam platform-nya. Jika ditemukan barang semacam itu, Cumi akan segera memblokirnya.

Kelebihan

Anda mungkin tak akan menyangka jika ada kursi yang disewakan atau bahkan gendongan bayi. Ya, Cumi memang terbilang lengkap menyediakan beragam barang yang bisa disewakan sesuai keinginan pengguna. Salah satu fitur yang menjadi kelebihan Cumi lainnya menurut saya adalah adanya review dari kedua belah pihak dimana penyewa bisa memberikan review untuk vendor, begitupun sebaliknya.

Hal tersebut akan membantu pengguna lainnya untuk mendapatkan gambaran maupun penilain sebelum melakukan transaksi. Selain itu, konsumen juga bisa melakukan nego kepada vendor langsung dengan menggunakan fitur potongan harga sewa. 

Kelebihan lainnya yaitu ketersediaan barang sesuai dengan lokasi konsumen. Cumi memang sebelumnya memastikan bahwa vendor menyedikan barang sesuai dengan lokasi yang disebutkan agar mempermudah pengguna ketika melakukan transaksi maupun pengambilan barang.

Kekurangan

Saya menemukan kekurangan ketika melakukan verifikasi rekening bank. Saya mencoba mencantumkan nomor acak namun Cumi tak mendeteksi bahwa nomor itu bukan nomor rekening. Ini tentunya akan mempermudah orang yang memiliki niat jahat untuk melakukan transaksi meskipun pada akhirnya vendor akan mengetahui bahwa nomor rekening itu palsu ketika memproses persetujuan penyewaan.

Kekurangan lainnya menurut saya yaitu tidak adanya layanan pengiriman yang tersedia dalam aplikasi sehingga mengharuskan konsumen untuk melakukan pengambilan barang secara langsung maupun menggunakan jasa kurir diluar aplikasi Cumi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: