Review monitor

Asus Designo MX38V, monitor rupawan penuh fitur

Designo MX38V adalah monitor ultra lebar dengan kontur melengkung serta beresolusi UWQHD. Teknologi panel layar pada monitor ini adalah IPS. Oiya, ada Bluetooh-nya juga lho.

Asus Designo MX38V, monitor rupawan penuh fitur

Bagi kamu yang telah mengikuti perkembangan monitor dari tahun ke tahun tentunya telah melihat beragam aspek rasio yang ditawarkan ragam monitor tersebut. Mulai dari kotak 4:3 hingga layar lebar 16:9 yang menjadi aspect ratio mainstream saat ini. Tetapi apabila aspect ratio 16:9 masih terasa “kotak” menurut kamu, ada pula monitor dengan aspect ratio ultra lebar 21:9.

Tidak hanya itu, pabrikan monitor kini bukan saja menawarkan aspect ratio ultra lebar tetapi juga sentuhan layar melengkung. Dalam seri Designo, Asus menghadirkan MX38V, sebuah monitor ultra lebar dengan kontur melengkung beresolusi UWQHD (3840 x 1600 piksel), teknologi panel IPS, dan kelengkapan pengisian ulang nirkabel tipe Qi.

Desain tebal tapi menarik

Monitor MX38V Asus tampak tebal saat dilihat dari sisinya. Ini kemungkinan sengaja dirancang demikian untuk mendukung performa speaker strereo hasil kerja sama dengan Harman Kardon berdaya 10 Watt. Meski jauh dari kata tipis dalam hal rancang bangun, tetapi Asus berhasil merancang MX38V agar tetap menarik perhatian.

Panel layar ditopang oleh peyangga berwarna silver yang terlihat cukup kontras dengan permukaan sisi belakang monitor. Kaki penyangga tersebut tidak dapat dilepas dan hanya menyediakan fungsi tilt tanpa fitur putar (swivel) maupun pengaturan ketinggian. Oleh karenanya leher penyangga tersebut dapat saya katakan kurang fleksibel agar dapat memenuhi penggunaan yang lebih optimal untuk segala skenario penggunaan.

Lantaran kaki penyangganya tidak dapat dilepas, maka jangan heran jika tidak tersedia lubang VESA untuk memasangkannya di dinding. Oiya, leher penyangga terbuat dari bahan logam yang sangat kuat guna memperkokoh berdirinya monitor. Dasar peyangga memiliki bentuk bundar dengan material mika transparan di tengahnya yang dilengkapi dengan modul pengisian ulang nirkabel Qi berkekuatan 15 Watt.

Asus MX38V memiliki panel layar berukuran 38 inci dengan radius kelengkungan 2300R. Meski tidak semelengkung monitor yang mengusung radius 1800R, tetapi dengan ukuran 38 inci monitor ini cukup terasa tingkat lengkungnya. Desain lengkung ini hadir agar pengguna memiliki bidang pandang yang lebih lebar dibandingkan dengan model tradisional.

Panel IPS yang dipegang monitor keluaran Asus ini memiliki refresh rate 75 Hz, sudut pandang 178 derajat (vertikal/horizontal), dan response time 5ms. Bagi kamu pemilik kartu grafis AMD, MX38V mendukung fitur AMD FreeSync untuk tampilan layar tanpa gangguan efek tearing saat bermain gim.

Bagian belakang terdapat beragam port antarmuka agar dapat menampilkan konten dari hampir seluruh sumber. Port-port tersebut mencakup dua HDMI, satu DisPlayPort 1.2, USB Type-C, dan USB (dengan teknologi sistem pengisian cepat). Agar juntaian kabel yang terhubung di beragam port tersebut tidak terlihat awut-awutan, ada penutup yang mudah diakses. Tetapi sayangnya aneka port tersebut terletak di atas panel yang menjorok ke dalam sehingga agak sulit untuk mengaksesnya.

Pengoperasian mudah

Sisi bagian bawah monitor dilengkapi dengan dua tombol akses serta tuas kontrol joystick. Menu On-Screen Display (OSD) yang mudah dimengerti ditambah tiga tombol akses tersebut menjadikan saya lebih cepat paham untuk mengatur pengaturan yang ada di dalam menu. Dua tombol yang mengapit joystick salah satunya berfungsi untuk mematikan atau menyalakan monitor. Sedangkan tombol yang lain berfungsi untuk mengeluarkan atau kembali ke menu sebelumnya.

Kamu juga dapat menjadikan tombol kedua untuk mengakses jalan pintas (Shortcut) pada pengaturan yang sering kamu gunakan seperti, volume, kecerahan layar, Blue Light Filter, Bluetooth dan lain-lain. Cara menentukan pintasan tersebut cukup mudah. Pilih ‘Shortcut’ pada utama dengan mengarahkannya menggunakan joystick. Saya pribadi menggunakan tombol pintasan untuk mengakses volume.

Omong-omong, kok tadi ada pintasan Bluetooth? Ya, Asus juga melengkapi MX38V dengan konektivitas Bluetooth. Fitur ini berguna untuk melakukan streaming audio dari perangkat pintar (misal: smartphone) untuk mendengarkannya di speaker Harman Kardon milik MX38V. Cukup mudah menghubungkan antara audio monitor dan smartphone, aktifkan Bluetooth pada monitor; kemudian pada pengaturan Bluetooth smartphone, pilih Asus MX38V. Setelah itu kamu dapat mendengarkan musik dari smartphone di monitor. Penting untuk diingat bahwa cara ini hanya menyalurkan audio, tidak ada tampilan smartphone ke monitor.

Dari awal saya jelaskan bahwa MX38V dilengkapi dengan pengisian perangkat secara nirkabel berbasis teknologi Qi. Perangkat yang mendukung teknologi ini adalah LG, Samsung, HTC, Qualcomm, NEC, Huawei, Motorola, Nokia, Philips, Sony, dan Toshiba.

Prinsip di balik pengisian daya secara nirkabel lebih tepatnya mengacu kepada sistem induksi. Sistem pengisian ini menggunakan medan elektromagnet untuk mentransfer energi antara dua objek. Setiap perangkat dengan fitur isi ulang nirkabel terdiri dari dua komponen: charging base dan perangkat itu sendiri.

Terdapat lampu indikator di monitor. LED akan berkedip warna kuning jika perangkat yang diletakkan tidak mendukung pengisian nirkabel teknologi Qi, atau mungkin perangkat yang ditempatkan di wadah pengisian tidak mendukung pengisian nirkabel sama sekali. Sedangkan LED akan berkedip warna biru ketika pengisian berhasil dilakukan dan dalam proses. Fitur ini cukup praktis digunakan jika perangkat mobil kamu (smartphone atau tablet) mendukung pengisian nirkabel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: