UKM siap beli asuransi online dalam lima tahun ke depan

48 persen usaha kecil dan menengah berencana mengganti penyedia jasa asuransi mereka secara online.

Hasil survei PwC terhadap 2100 usaha kecil dan menengah (UKM) dari 14 negara, baru-baru ini, menunjukkan tren perubahan positif dalam pasar asuransi. Hal ini dipengaruhi transformasi digital yang tengah berlangsung di bidang asuransi selama 10 tahun terakhir.


BACA JUGA

Stiker canggih ini bisa deteksi kandungan makanan

Nike NYC mudahkan pelanggan dengan aplikasi belanja

Bill Gates yakin untung Rp2,9 miliar di bisnis toilet


Dalam keterangan resmi, (9/12), PwC menyebutkan, UKM di Inggris yang merupakan yang paling fasih berkomunikasi dengan jasa asuransi secara online. 48 persen UKM INggris mengatakan telah membeli asusransi secara online. Sementara rata-rata UKM yang membeli asuransi secara global memang baru 24 persen.

Gero Matouscheck, EMEA Insurance Leasder PwC mengatakan, "survei ini menunjukkan adanya peluang sekaligus tantangan dalam industri asuransi,"

Gero menilai, ada dua hal penting yang patut ditangkap dari peluang ini. Pertama, komunikasi harus terjalin untuk memperkecil kesenjangan digital. Kedua, Segmen UKM ini selama ini tampaknya kurang perhatian oleh pelaku industri asuransi.

Tujuan penting lainnya dari hasil penelitian PwC ini adalah, sebanyak 48 persen UKM berusia kurang dari satu tahun dan 42 persen UKM berusia 4-5 tahun, mengungkapkan keinginannya untuk membeli asuransi usaha secara online. Persentasenya turun jadi 37 persen di kalangan perusahaan-perusahaan yang lebih mapan dan telah berusia lebih dari 10 tahun.

Mereka cenderung memiliki hubungan yang lebih mendalam dengan pialang dan agen asuransi. Pengalaman membeli asuransi perlindungan diri juga turut mempengaruhi keputusan perusahaan. 59 persen dari perusahaan yang membeli asuransi perlindungan diri secara online, juga membeli asuransi untuk usahanya secara online. 

Sebanyak 70 persen pemilik usaha yang membeli asuransi perlindungan diri secara online, mengungkapkan keinginannya untuk membeli asuransi untuk usahanya secara online pula di kemudian hari.

Memang, hanya 24 persen saja UKM yang membeli asuransi secara online. Kemungkinan karena tawaran yang ada masih sedikit. 65 persen UKM yang disurvei PwC ingin membeli asuransi secara online di masa yang akan datang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: