Ternyata Apple melebih-lebihkan ketahanan baterai iPhone XR

Ponsel yang terbilang paling buruk dalam pengujian itu yakni iPhone XR. Apple mengklaim waktu bicaranya mencapai maksimal 25 jam.

Ternyata Apple melebih-lebihkan ketahanan baterai iPhone XR (Foto: Engadget)

Apple dilaporkan melebih-lebihkan masa pakai maksimal baterai iPhone. Hal ini disampaikan kelompok advokasi yang berbasis di Inggris, Which?. Kelompok ini mengatakan dalam pengujian sembilan model iPhone, ditemukan semuanya gagal memenuhi masa pakai baterai Apple yang seharusnya, dengan persentase ketidakseseuaian sekitar 18% - 51%.

Ponsel yang terbilang paling buruk dalam pengujian itu ternyata adalah iPhone XR. Apple mengklaim waktu bicaranya mencapai maksimal 25 jam. Namun hasil pengujian menemukan bahwa baterai iPhone XR hanya bertahan selama 16 jam 32 menit, atau tingkat ketidaksesuaiannya mencapai 51%.


BACA JUGA

Apple Watch Series 5 bakal pakai OLED, meluncur September mendatang

iPhone XS dan XS Max terancam digugat soal teknologi kamera

iPhone 11 akan gunakan panel OLED seperti Galaxy Note 10


Hasil untuk iPhone XR ini terbilang mengejutkan mengingat daya tahan baterai dianggap sebagai salah satu andalan dari ponsel ini. Hasil ulasan Digital Trends juga menunjukkan performa iPhone XR juga bisa diandalkan serta kameranya bagus untuk iPhone versi murah, dibanding iPhone XS dan iPhone XS Max.

"Kami menguji dengan ketat produk kami dan berdasar pada acuan masa pakai baterai kami," kata Apple.

"Dengan integrasi yang erat antara hardware dan software, iPhone dirancang untuk mengelola penggunaan daya secara cerdas untuk memaksimalkan masa pakai baterai."

Dilansir Digital Trends (6/5), Which? juga menemukan perbedaan klaim masa pakai baterai HTC. Namun tingkat ketidaksesuaiannya tidak sebanyak Apple. Waktu bicara rata-rata smartphone HTC adalah 20,5 jam. Tetapi hasil tes menghasilkan rata-rata 19,6 jam dengan tingkat ketidaksesuaian mencapai 5%.

Menariknya Which? justru menemukan baterai ponsel smartphone Nokia, Samsung dan Sony yang diluar perkiraan bertahan lebih baik dari klaim mereka. Smartphone Sony menghasilkan masa pengujian waktu bicara mencapai 16 jam. Durasi itu 21% lebih tinggi dari perkiraan 12,6 jam.

Which? mengungkapkan bahwa Sony Xperia Z5 Compact sebagai contoh sebaliknya dari iPhone XR. Sony mengklaim model ponselnya itu hanya akan bertahan 17 jam. Namun kelompok advokasi itu menemukan ponsel tersebut mampu bertahan 25 jam 52 menit atau lebih lama 9 jam dari klaim perusahaan.

Sebagai informasi, Which? melakukan pengujian dengan mengisi ulang baterai unit ponsel baru hingga penuh. Kemudian mereka mengukur berapa lama mereka bertahan saat melakukan panggilan secara terus menerus. Which? juga melakukan pengujian untuk memantau berapa lama perangkat mampu bertahan saat menjelajah internet melalui browser non-stop.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: