Samsung Galaxy Note 10 resmi di Indonesia, ini spesifikasinya

Para penggemar Galaxy Note menginginkan perangkat terbaik, performa tercepat, fitur kamera terlengkap, dan tentu saja fungi S Pen yang lebih baik.

Samsung Galaxy Note 10 resmi di Indonesia, ini spesifikasinya

Setelah resmi meluncur secara global di acara Galaxy Unpacked di New York pada 7 Agustus lalu, Samsung akhirnya menghadirkan Galaxy Note 10 di Indonesia. Ini pertamakalinya Samsung menghadirkan Galaxy Note dalam dua varian semenjak 2011. Salah satu perbedaan kedua smartphone flagship tersebut ada pada layarnya, di mana Galaxy Note 10 memiliki bentang layar 6,3 inci dan Galaxy Note 10+ mengusung layar 6,8 inci.

Galaxy Note 10 memang punya pangsa pasar tersendiri di kalangan penggemar perangkat Samsung. Para penggemar Galaxy Note menginginkan perangkat terbaik, performa tercepat, fitur kamera terlengkap, dan tentu saja fungi stylus (S Pen) yang dapat mempermudah mereka dalam menggunakannya untuk bekerja hampir di manapun.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Apple berikan investasi baru untuk Corning

Asus, ada ratusan gim mobile dengan refresh rate di 120 fps

Razer buat casing untuk gamer pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro


Sepintas Galaxy Note 10 memiliki rancang bangun lebih tegas dan tajam. Bodinya tidak lagi memiliki lekuk membulat, tetapi bergaris tajam dan sangat tegas. Sama seperti saudaranya Galaxy S10, Galaxy Note 10 juga memiliki konsep kamera depan hole-punch agar menjaga bezel perangkat jadi tetap tipis. Di Indonesia, Galaxy Note 10 hadir dalam tiga warna: Aura Glow, Aura White dan Aura Black. Bisa dibilang mungkin varian warna yang paling menarik perhatian adalah Aura Glow lantaran warnanya “bisa berubah-ubah.”

Dari sisi teknologi panel layar, baik Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ jauh lebih baik jika dibandingkan pendahulunya (Galaxy Note 9). Pasalnya, kedua ponsel anyar tersebut berbekal teknologi Dynamic AMOLED dan HDR10+ layaknya Galaxy S10. Selain lebih tajam dan cerah, teknologi panel ini juga dapat menyesuaikan agar mata tidak mudah lelah ketika menatapnya dalam durasi yang cukup lama.

Bisa dibilang teknologi panel layar Dynamic Amoled merupakan evolusi layar dari teknologi Super AMOLED produksi Samsung sebelumnya. Meski teknologi panel yang digunakan sama, perbedaan antara Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10+ dalam hal layar berada pada resolusinya. Galaxy Note 10 beresolusi 1080 x 2280 piksel, sedangkan Galaxy Note 10+ memiliki resolusi layar 1440 x 3040 piksel.

Samsung menegaskan bahwa Galaxy Note 10 Series juga relevan untuk para gamer. Pada smartphone ini, fitur gaming telah mereka tingkatkan lewat vapor chamber dan booster berbasis AI

Seperti yang sempat saya sampaikan tadi, salah satu keunggulan pada Galaxy Note adalah S Pen. Pada Galaxy Note 10 Series, stylus tersebut mengalami penyempurnaan dengan dibenamkannya 6 sensor. Berkat sensor-sensor itu, pengguna dapat mengaktifkan fitur Air Action, yakni menggerak-gerakkan Spen untuk fungsi memperbesar, swipe di kamera, masuk ke galeri foto, dan mengakses beberapa media.

Karena dilengkapi dengan beragam sensor mutakhir, maka tentu saja S Pen dilengkapi dengan baterai untuk mendukung tenaganya. Samsung membekali stylus Galaxy Note Series dengan baterai berteknologi lithium titanate (LTO) sehingga menjanjikan ketahanan hingga 10 jam. S Pen secara otomatis terisi ualng ketika dimasukkan ke ponsel.

Pada Note 10 Series, Samsung tidak melengkapi jack audio 3,5 mm. Ada pula fitur Samsung DeX versi baru yang memudahkan pengguna untuk mengakses antara ponsel dan PC/ Mac serta melakukan drag-and-drop antara perangkat tersebut dengan mudah saat terhubung via USB.

Beralih ke kamera belakang, Samsung menambahkan tiga lensa untuk Note 10 dan konfigurasi empat kamera untuk Note 10+. Di mana Galaxy Note 10 mengakomodasi kamera sudut ultra lebar 16 MP, kamera sudut lebar 12 MP dan kamera telefoto 12 MP. Sedangkan Note 10+ memiliki tiga lensa kamera yang sama, dengan tambahan satu DepthVision Camera beresolusi VGA agar menjanjikan hasil foto bokeh lebih mulus.

Ada kemampuan foto dan video baru di Galaxy Note 10, termasuk opsi Live Focus Video yang menambahkan penyesuaian depth-of-field untuk rekaman video dan Zoom-In Mic agar dapat meningkatkan suara audio. Tidak lupa pula mode Super Steady yang disempurnakan agar menjanjikan kestabilan lebih baik saat merekam video tanpa gimbal.

BateraiGAlaxy Note 10 sendiri memiliki kapasitas 3500 mAh, dan 4300 mAh untuk Galaxy Note 10+. Fitur lain yang Samsung sematkan di sektor ini termasuk pengisian daya baterai super cepat bertenaga 45 watt. Ada juga Wireless PowerShare untuk mengisi daya antar perangkat dengan basis teknologi nirkabel Qi.

Di Indonesia, prosesor yang digunakan Note 10 Series adalah Exynos 9825 beraksitektur 7nm EUV yang diklaim memiliki performa sangat andal. Samsung menginformasikan performa Galaxy Note Series akan 33 persen lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Galaxy Note 10 diperkuat dengan kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan intenal 256GB. Sedangkan Note 10+ memiliki prosesor yang sama, tetapi dengan kapasitas RAM 12GB dan penyimpanan internal hingga 512GB. Khusus Galaxy Note 10+, tersedia slot microSD hingga kapasitas 1TB.

Harga yang ditawarkan untuk Galaxy Note 10 adalah Rp13.999.000, sedangkan untuk banderol harga Galaxy Note 10+ adalah Rp16.499.000 untuk versi RAM 12GB /ROM 256GB dan Rp18.999.000 untuk versi penyimpanan 512GB.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: