sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 29 Agst 2022 12:05 WIB

Spesifikasi chipset Snapdragon 6 Gen 1 bocor

Snapdragon 6 Gen 1 disebut bakal jadi prosesor 4nm terbaru Qualcomm yang ditujukan untuk smartphone entry level.

Spesifikasi chipset Snapdragon 6 Gen 1 bocor

Seperti diketahui, Qualcomm telah meluncurkan setidaknya tiga prosesor baru yang dibuat berdasarkan proses manufaktur 4nm. Chipset tersebut meliputi Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. 

Jika ketiga seri chipset tersebut ditujukan untuk smartphone kelas atas dan menengah, kini perusahaan dilaporkan tengah mengerjakan chipset berbasis 4nm yang bakal disediakan untuk sejumlah perangkat entry level. Kemungkinan, chipset kelas bawah ini akan menggantikan seri chipset Snapdragon 600 yang telah ada di pasaran. 

Kabar terkait chipset Snapdragon 6 Gen 1 ini pertama kali datang dari keterangan rahasia Evan Blass. Seperti dilansir dari Gizmochina (28/8), laporan dari Evan ini telah membagikan lembaran spesifikasi tentang SoC Snapdragon 6 Gen 1. 

Lebih lanjut, lembaran fakta yang dibocorkan tersebut berisi spesifikasi dan fitur lengkap dari prosesor Snapdragon 6 Gen 1. Secara spesifik, Evan memprediksi chipset ini akan datang untuk menggantikan Snapdragon 695. 

Menurut bocoran, Snapdragon 6 Gen 1 akan didasarkan pada proses manufaktur 4nm dan akan datang dengan nomor bagian SM6450. Prosesor ini disebut terdiri dari CPU Kyro dengan kecepatan clock hingga 2.2GHz. Ini  juga akan mendukung USB 3.1 dan RAM LPDDR5 hingga 12GB dengan clock hingga 2750MHz.

Untuk konektivitas, chipset ini akan menampilkan modem Snapdragon X62 5G yang menawarkan pita 5G mmWave dan sub-6GHz. Di sisi Wi-Fi, Snapdragon 6 Gen 1 bakal memiliki Qualcomm FastConnect 6700 WiFi 6E dan dukungan Bluetooth 5.2.

Prosesor ini akan menawarkan dukungan tampilan hingga resolusi hingga FHD+ dengan kecepatan refresh 120Hz. Sehingga memungkinkan pengguna untuk merekam video 4K HDR pada 30 FPS dan video slow-mo pada 240 FPS. 

Sementara untuk kamera, Qualcomm menawarkan susunan tiga kamera yang bisa dipasangkan pada perangkat smartphone. Susunan kamera ini hadir dengan ukuran 13 MP, susunan kamera kembar dengan 25 + 16 MP, dan satu kamera dengan 48 MP. 

Belum ada konfirmasi resmi dari Qualcomm terkait prosesor Snapdragon 6 Gen 1 yang bocor ini. Namun, kemungkinan chipset ini akan dirilis bersamaan dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 pada acara Snapdragon Summit 2022.

Share
×
tekid
back to top